Sabtu, 10 Maret 2018 12:19 WITA

Zulkifli Hasan: Jangan Larang Orang Pakai Cadar

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mays
Zulkifli Hasan: Jangan Larang Orang Pakai Cadar
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  -  Ketua MPR Zulkifli Hasan, menyesalkan tindakan dari kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta, yang melarang mahasiswi menggunakan cadar di lingkungan kampus. 

Menurut Ketua MPR RI itu, penggunaan cadar untuk mahasiswi atau seseorang, merupakan keyakinan sendiri oleh individu. Untuk itu tidak ada hak orang lain memakai cadar, karena keyakinan mereka memakai cadar.

"Cadar itu hak kayakinan orang silakan, apa yang dilanggar oleh cadar? Yang harusnya dilarang pakai celana ketat, LGBT, tidak pakai apa-apa itu harusnya yang dilarang. Jadi orang yang yakin dengan memakai cadar, yah hak dia, jangan dilarang," tegas Zulkifli Hasan saat ditemui di Makassar, Sabtu, (10/3/2018).

Ketua umum partai PAN ini menuturkan, negara Indonesia adalah negara yang demokrasi, tidak ada aturan dalam negara Indonesia yang melarang seseorang untuk memakai cadar.

"Demokrasi saja itu boleh yang penting jangan melarang cadar dong," katanya.

loading...

Zulkifli Hasan pun mengungkapkan, di negara-negara Eropa, perempuan yang memakai cadar tidak dilarang. Lantas kenapa di Indonesia, apalagi universitas Islam harus melarang mahasiswinya memakai cadar.

"Di negara lain saja boleh, di Eropa saja boleh masa di negara Indonesia dilarang. Yang membahas atau yang melarang cadar itu bikin gaduh, banyak persoalan lain muncul dengan pelarangan itu," tuturnya.

Seharusnya Rektor atau Universitas yang melarang mahasiswinya tersebut memakai cadar lanjut Zulkifli, fokus mendorong mahasiswa atau mahasiswi untuk mampu bersaing dengan mahasiswa luar negeri.

"Bagaimana mahasiswi kita bisa bersaing dengan mahasiswi luar itu yang lebih penting. Pakai cadar itu hak dia jangan dilarang," tutupnya.

Loading...
Loading...