Kamis, 08 Maret 2018 16:33 WITA

Pemkab Gowa Kekurangan Ribuan Guru PNS

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Mays
Pemkab Gowa Kekurangan Ribuan Guru PNS
Ilustrasi guru PNS

RAKYATKU.COM, GOWA - Hingga tahun 2018 ini, Kabupaten Gowa mengalami kekurangan guru PNS hingga mencapai sekitar 1.000 personel. Kondisi tersebut salah satunya disebabkan kebijakan moratorium CPNS yang diberlakukan pemerintah pusat sejak akhir 2014 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Gowa, Salam mengatakan, jumlah keseluruhan guru PNS yang ada saat ini 4098. "Kita itu kekurangan sekitar 20 persen lebih, atau sekitar 1.000 yang berstatus PNS," ujar Salam, Kamis (8/3/2018).

Salam mengaku, guru PNS sangat dibutuhkan. Pasalnya, fungsi-fungsi kerja maksimal sangat dibutuhkan dibanding yang honorer. Meski saat ini dari 412 SD dan 107 SMP di bawah naungan Diknas Kabupaten, ada sekitar 1.000 lebih tenaga honorer.

Data Diknas Kabupaten Gowa berdasarkan aturan pmerintah pusat, untuk SD satu sekolah minimal memiliki 6 guru PNS. Sementara untuk SMP tidak boleh dibawa 12 guru PNS. 

"Tetapi kalau berlandaskan itu, kebutuhan kita di Gowa tidak sesuai. Jadi kita harus melebihi jumlah itu di setiap sekolah," beber Salam. 

Contohnya, kata dia, di SMPN 3 Pallangga, sangat membutuhkan lebih dari itu. Salah satunya untuk guru BK. Di sekolah itu hanya ada satu guru BK. Sementara aturan mengharuskan satu guru BK maksimal membimbing atau menangani 150 siswa. 

loading...

"Lalu di sekolah itu ada 900 siswa mereka," singkat Salam. Selain itu, guru PNS dan honorer punya batasan kerja. Sehingga demi mengefektifkan jalannya proses belajar mengajar, ketersedian guru PNS harus ditingkatkan," demikian Salam.

Kepala BKPSDM Gowa, Chairul Natsir mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun setiap tahunnya.

"Setiap tahunnya rata-rata ada dua ratus yang pensiun dan ini sudah berapa tahun," tutupnya. 

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Gowa, telah mengajukan sebanyak 1.007 formasi CPNS ke KemenPAN-RB untuk 2018. Untuk guru kurang lebih 1.000.

Jumlah pegawai dalam lingkup Pemkab Gowa hingga bulan Desember sebanyak 7944. Dari jumlah tersebut, 4098 di antaranya guru. 

Loading...
Loading...