Kamis, 08 Maret 2018 03:30 WITA

Tak Disangka, Aneka Masalah Sepatu Bisa Diatasi dengan 10 Trik Ini

Editor: Abu Asyraf
Tak Disangka, Aneka Masalah Sepatu Bisa Diatasi dengan 10 Trik Ini
Pantyliner salah satu cara mengatasi masalah sepatu.

RAKYATKU.COM - Orang kerap dipusingkan dengan sepatu yang kusam akibat kehabisan semir. Ada juga yang direpotkan sepatu berbau hingga kekecilan. Ternyata semua itu bisa diatasi dengan mudah. Tidak percaya?

Dikutip dari Bright Side, setidaknya ada 10 masalah yang sering dialami seseorang terkait sepatunya. Nah, berikut ini juga dipaparkan 10 cara mudah mengatasinya:

1. Sepatu Mengkilap Tanpa Semir

Semir Anda habis? Tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan kulit pisang. Caranya, sangat mudah. Gosok saja permukaan sepatu dengan kulit pisang, lalu lap lagi dengan tisu kering. Hasilnya tak terduga.

2. Mengatasi Sepatu Licin

Sepatu atau sandal Anda terasa licin? Gunakan lem tembak sebagai solusinya! Panaskan lem, lalu buat pola seperti di gambar pada kedua bagian bawah sepatu.
Jemur hingga kering dan sepatu siap digunakan tanpa licin lagi.

3. Sepatu Berbau Akibat Kaki Berkeringat

Untuk menjaga sol dalam sepatu tetap kering dan tidak bau meski kaki mudah berkeringat, letakkan pantyliner di dalamnya untuk membantu menyerap keringat yang dihasilkan dari kaki.

4. Bekas Permen Karet

Menginjak permen karet pasti akan membuat sebagian permen karet tertinggal di sepatu Anda. Untuk menghilangkannya, cukup letakkan es batu di atas bekas permen karet. Es batu membuatnya tidak lengket lagi dan mudah dibersihkan.

5. Sepatu Sneaker Kusam

Untuk sepatu model sneaker yang kusam dan kehilangan warna bersihkan sepatu dengan baking soda. Sepatu dengan warna terang dan cerah cenderung lebih cepat kotor. Kadang warnanya berubah jadi pudar dan seperti abu-abu gelap.

Nah, Anda bisa mengembalikan lagi warna dan membersihkan noda sepatu dengan sikat gigi bekas, bubuk baking soda, hydrogen peroxide (bisa gunakan cairan antiseptik mulut Listerine), dan air.

Semua bahan dicampurkan hingga menjadi semacam sabun cair. Gunakan untuk menggosok noda di sepatu, lalu bilas dengan air.

6. Membersihkan Karet Sepatu

Karet sepatu yang sangat kotor bisa Anda bersihkan dengan penghapus karet.
Caranya sama seperti saat Anda menghapus tulisan di kertas.

7. Membersihkan Sepatu Kulit

Sepatu kulit yang jarang dipakai kerap terlihat kusam. Tak perlu khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan air dan cuka. Campurkan kedua bahan tersebut dan semprotkan ke permukaan kulit. Gosok sepatu dengan sikat, ulangi bila perlu hingga kembali seperti sedia kala.

8. Agar Sepatu Boot Lebih Awet

Gulungan majalah bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu boot yang basah atau lembap. Saat tidak digunakan, masukkan majalah atau kertas tebal yang digulung ke dalam sepatu boot untuk menjaga bentuknya.

Jika sepatu boot Anda basah, balikkan dan gunakan dua botol kaca untuk menjaga bentuknya selagi mengeringkannya.

9. Mengurangi Bau Tidak Sedap

Ini mungkin masalah besar. Ternyata cara mengatasinya tak serumit baunya yang menyengat. Anda bisa gunakan kantong teh. Letakkan kantong teh di masing-masing sepatu selama semalaman.

10. Solusi Sepatu yang Kekecilan

Kalau dapat kado sepatu yang kebetulan kekecilan, jangan buru-buru diberikan kepada orang lain, kecuali kalau Anda memang berniat bersedekah. Masalah sepatu kekecilan itu bisa diatasi dengan meletakkan kantong ziplock berisi air ke dalam sepatu hingga ujungnya.

Simpan di freezer selama semalam. Air di kantong ziplock akan membeku dan menekan sepatu menjadi lebih longgar.

Berita Terkait