Selasa, 06 Maret 2018 13:02 WITA

Ada 333 Anak di Bawah Umur Menikah di Sulsel

Penulis: Nur Izzati
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ada 333 Anak di Bawah Umur Menikah di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi yang memiliki angka pernikahan yang cukup tinggi. Pada tahun 2017, Sulsel mencatat ada 333 kasus pernikahan anak di bawah umur dengan lokasi berbeda-beda.

Berbagai sektor telah berupaya menekan laju perkawinan anak yang ada di Indonesia. Salah satu diantaranya melalui upaya advokasi menaikkan batas usia anak untuk menikah.

Untuk itu, dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional dan memperkuat gerakan bersama pencegahan perkawinan anak di Sulsel, Australia-Indonesia Partnership For Justice 2 (AIPJ2), Institusi Community Justice (ICJ), bersama sejumlah pemerhati perempuan dan anak, menggelar Seminar Lokakarya (Semiloka) Pencegahan Perkawinan Anak di Makassar, di Hotel Gammara Makassar, Selasa (6/3/2018).

"Dari sekian banyak tantangan yang kita hadapi untuk menekan laju perkawanan anak, Semiloka ini diharapkan bisa menjadi sebuah platform bersama untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di 17 kabupaten dan kota di Sulsel," ujar Kepala DPPPA Kota Makassar, A. Tenri Palallo.

loading...

Ada 333 Anak di Bawah Umur Menikah di Sulsel

Lebih lanjut, ia mengatakan, strategi yang didesain dalam Semiloka ini nantinya menjadi landasan untuk melakukan advokasi bersama, baik pada penguatan kapasitas untuk meningkatkan kesadaran kritis masyarakat hingga dampak perkawinan anak.

Sesi diskusi Semiloka melibatkan narasumber dari berbagai lembaga. Narasumber yang hadir yakni Rumah Kita Bersama, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Lembaga Bantuan Hukum, dan agen Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) Sulsel.

Tags
Loading...
Loading...