Selasa, 06 Maret 2018 08:24 WITA

Gaji Guru Honorer SMA/SMK di Sulsel Masih Tidak Sesuai UMP

Penulis: Azwar Basir
Editor: Adil Patawai Anar
Gaji Guru Honorer SMA/SMK di Sulsel Masih Tidak Sesuai UMP
Irman Yasin Limpo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gaji untuk guru honorer sekolah negeri tingkat sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) di Sulsel masih jauh dari Upah Minimum Provinsi (UMP). 

Berbeda dengan beberapa provinsi di Indonesia, yang sudah menetapkan gaji guru honorer sekolah negeri tingkat sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) sesuai dengan UMP. 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) , Irman Yasin Limpo mengatakan, jika guru honorer di Sulsel digaji berdasarkan jam mengajarnya.

"Tiap guru honorer dibayar Rp10 ribu per jam. Karena mereka mengajar mata pelajaran atau per bidang studi. Makin banyak jam mengajar, maki tinggi yang mereka terima," jelas Irman.

Menurut Irman, itu sudah sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Nomor 47 tahun 2014, tentang tentang Petunjuk Pelaksanaan jabatan.

loading...

"Gaji guru honorer sendiri itu, nilainya 15 persen dari dari Bantuan Operasional Sekolah (bos)," katanya.

Meski demikian, jika dihitung-hitung, maka gaji guru honorer di Sulsel, masih minim. Masih jauh di bawah upah minimum provinsi (UMP), yang nilainya hampir Rp2,5 juta.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, jika gaji untuk guru honorer di Sulsel sudah sesuai aturan dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

"Tapi kalau untuk gaji honorer di Makassar, mau disamakan UMP, nanti kita bicarakan lagi. Yang pasti, guru itu harus disejahterakan. Karena mereka mendidik generasi penerus bangsa," tutupnya. 

Loading...
Loading...