Minggu, 04 Maret 2018 21:41 WITA

3 Penipu Online yang Catut Nama Kapolri Rupanya Positif Narkoba

Penulis: Syukur
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
3 Penipu Online yang Catut Nama Kapolri Rupanya Positif Narkoba

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Unit Jatanras Polda Metro Jaya  bersama Timsus Polda Sulsel mengamankan pelaku penipuan online yang mencatut nama Kapolri, Tito Karnavian, untuk meyakinkan para korban.

Dia adalah Tajudin (24) warga Lautang, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Pelaku diamankan pada Sabtu (3/3/2018) di rumahnya. "Pelaku diduga bertindak sebagai otak dalam tindak pidana penipuan," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Minggu (4/3/2018).

Dalam melakukan aksi kejahatannya, pelaku membuat puluhan blogspot hadiah bagi yang mempunyai pin. Untuk meyakinkan Korban, pelaku mencantumkan nama serta foto pejabat negara, salah satunya Kapolri.

Memanfaatkan salah sartu aplikasi, pelaku mencari nomor-nomor secara acak yang memakai aplikasi WA. Kemudian, mengirimkan pesan seolah penerima pesan mendapat hadiah.

"Untuk meyakinkan korban, dalam pesan tersebut ada tautan link ke blogspot yang sudah pelaku persiapkan," jelasnya.

Loading...

Setelah menangkap Tajudin, tim mendapatkan informasi terkait kelompok lain yang diduga melakukan tindak pidana dengan modus serupa di dekat TKP pertama, hingga tim melakukan penindakan.

Adapun pelaku yang diamankan pada TKP kedua diantaranya Asriyadi (30) dan Mabrur (21). Dalam aksinya, pelaku Asriyadi berperan sebagai pembuat iklan palsu. Sementara Mabrur (21) bertugas mengambil uang di ATM yang merupakan hasil transferan dari korban.

Dicky juga menyebut para pelaku yang diamankan merupakan pemakai barang haram jenis narkoba. "Semua pelaku mengaku mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu dan ditemukan sisa pemakaian sabu," tambahnya. tukasnya.
 

Loading...
Loading...