Kamis, 01 Maret 2018 11:50 WITA

BKN Usulkan Gaji Pokok PNS Naik, Berapa Besarannya?

Editor: Mulyadi Abdillah
BKN Usulkan Gaji Pokok PNS Naik, Berapa Besarannya?
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ini kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS. Pemerintah sedang menyusun konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS yang akan diberlakukan pada tahun 2019 mendatang.

Usulan itu datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi ASN. Pertimbangannya, kenaikan gaji pokok PNS terakhir dilakukan pada 2015 lalu sebesar 6%. Lalu berapa rancangan besaran kenaikannya? 

“Pengajuan usulan kenaikan gaji pokok tersebut juga meliputi analisa kebutuhan anggaran berikut simulasi dampak fiskalnya yang akan dibahas dalam forum antar Kementerian/Lembaga (K/L),” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Mohammad Ridwan dikutip dari situs Setkab, Kamis (1/3/2018).

Jika usulan kenaikan gaji pokok tahun 2019 disetujui, menurut Kepala Biro Humas BKN itu, selanjutnya akan dituangkan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pada tahun 2019.

Sebelumnya Direktur Kompensasi ASN BKN Aswin Eka Adhi menjelaskan, baha usulan rencana kenaikan gaji PNS 2019 itu bergantung pada hasil perhitungan kapasitas fiskal atau kemampuan keuangan negara yang akan dibahas bersama dengan Kemenkeu (Kementerian Keuangan) dalam forum pembahasan antar K/L.

Untuk tahun 2018 ini, BKN tidak menyiapkan skena kenaikan gaji PNS. Akan tetapi, PNS diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok sesuai dengan PP No. 25 Tahun 2017. 

Kebijakan THR PNS ini sudah berlangsung sejak 2016, dan berbeda dengan gaji ke-13, di mana THR hanya terdiri dari gaji pokok saja, sementara untuk gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.