Senin, 26 Februari 2018 19:34 WITA

Tommy Minta Pelatih Pramuka di Bulukumba Berinovasi

Penulis: Rahmatullah
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tommy Minta Pelatih Pramuka di Bulukumba Berinovasi

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto yang juga merupakan Ketua Kwarcab Pramuka menutup secara resmi kegiatan Cikal Competition Part III, yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bulukumba di Lapangan Pemuda, Minggu (25/2/2018).

Dalam sambutannya, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan bahwa gerakan pramuka adalah wadah yang penting untuk membangun watak, karakter dan kepribadian bagi generasi muda.

"Pramuka adalah tempat untuk menempa keterampilan, pengetahuan, dan jiwa disiplin, di pramuka adik-adik bisa mendapatan pengetahuan lebih yang tidak diajarkan di bangku sekolah," ujar Tomy. 

Dia melanjutkan, di pramuka, para pelajar dapat belajar bagaimana caranya berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab. Sehingga nantinya akan bisa menghasilkan generasi muda yang mandiri, berani, punya disiplin tinggi, dan tentunya mempunyai keterampilan lebih yang tidak dimiliki oleh kelompok-kelompok lainnya.

Tomy juga menekankan, agar tercipta inovasi baru oleh para pelatih dan pembimbing di sekolah, agar bisa lebih memberikan pemahaman tentang bagaimana pentingnya kepramukaan kepada siswa-siswinya di sekolah.

"Di era globalisasi sekarang, bukan tidak mungkin pramuka akan kehilangan daya tariknya oleh para pelajar dan pemuda, jadi saya harap untuk terus memberikan inovasi baru agar menjadi daya tarik dan peningkatan kualitas pembinaan," tambah Tomy.

Selama kegiatan berlangsung, peserta berlomba memperebutkan piala dari sejumlah lomba kegiatan. Diantaranya, LKBB (Pangkalan khusus Penggalang), Pionering (Pangkalan), Jelalah Kota (Pangkalan), SMS atau Smaphore Morse dan Sandi (Gugus Depan), Pramuka Cerdas (Gugus Depan), Tilawah Qur'an (Pangkalan), Vokal Group (Pangkalan khusus Penggalang), PBB (Pangkalang khusus Penegak), dan Cikal atau Cipta Karya Laga(Pangkalan khusus Penegak).

Kegiatan ini, telah dilaksanakan sejak 23 Februari 2018 lalu, dan dibuka langsung oleh Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali. Kegiatan yang mengangkat tema "Keren, Kreatif, Menantang dan Bersahabat" ini diikuti 648 peserta dari penggalang (Tingkat SMP) 270 orang dan penegak (Tingkat SMA) 378 orang.