Minggu, 25 Februari 2018 03:00 WITA

Garap Internet Super Cepat, SpaceX 2 Luncurkan Satelit Baru

Editor: Andi Chaerul Fadli
Garap Internet Super Cepat, SpaceX 2 Luncurkan Satelit Baru

RAKYATKU.COM - SpaceX dilaporkan telah berhasil meluncurkan dua satelit eksperimen dari Vandenberg Air Force Base di California, Amerika Serikat, Kamis lalu. Kedua satelit itu berfungsi menguji teknologi yang ingin digunakan SpaceX untuk menyediakan layanan internet melalui satelit.

Sejauh ini, SpaceX tidak pernah mengumbar tentang hasil uji coba satelit yang mereka lakukan dan memilih untuk fokus pada muatan utama yang mereka bawa, sebuah satelit radar imaging yang akan digunakan oleh pemerintah Spanyol, dikutip dari Mail Online, Sabtu (24/2/2018).

CEO SpaceX Elon Musk mengonfirmasi, melalui Twitter bahwa Falcon 9 yang kemarin diluncurkan juga membawa dua satelit kecil ke orbit, bersamaan dengan satelit PAZ milik Spanyol.

ia menyebutkan, kedua satelit yang dijuluki 'Tintin A' dan 'Tintin B' itu akan mencoba mengirimkan kata-kata 'Hello World' disaat melewati Los Angeles.

Bukan tanpa alasan Elon Musk mengirimkan belasan ribu satelit ke luar angkasa. Melalui konstelasi satelit ini, Musk ingin menyediakan internet super cepat dan murah bagi penduduk Bumi.

Satelit Starlink pertama dan Falcon 9 ini diluncurkan ke luar angkasa dari Vandenberg Air Force Base di California pada waktu 14.17 GMT. Konstelasi satelit ini nantinya akan mengorbit di orbit Bumi rendah.

loading...

"Sudah kembali dari luar angkasa dan parasut fairing baru saja mengembang. Sekarang sedang mencoba untuk menangkapnya," tulis Musk melalui akun Twitter pribadinya, @elonmusk.

Sebelumnya, roket Falcon 9 direncanakan akan meluncur pada 22 Desember tahun kemarin. Rencana peluncuran ini diundur menjadi 16 Februari. Rencana peluncuran kembali ditunda menjadi 18 Februari agar persiapan menjadi lebih matang.

Setelah persiapan ini, roket Falcon 9 rencananya akan diluncurkan pada Rabu lalu. Namun karena kondisi angin tidak memungkinkan, peluncuran roket Falcon 9 ditunda menjadi Kamis.

Roket Falcon 9 tidak hanya mengangkut dua satelit Starlink, Tintin A dan Tintin B saja. Dalam peluncuran ini, Falcon 9 juga mengangkut satelit penciteraan Bumi dari Spanyol dan beberapa muatan berukuran kecil lain.

Tags
Loading...
Loading...