Sabtu, 24 Februari 2018 15:40 WITA

Pakai PIN Tanggal Lahir Mudahkan Pencuri Gasak ATM

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pakai PIN Tanggal Lahir Mudahkan Pencuri Gasak ATM
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Buat anda yang memiliki kartu ATM sebaiknya jangan pernah menggunakan nomor PIN yang berkaitan langsung dengan anda. Kasus pencurian dan pembobolan ATM di Kota Parepare menjadi contoh paling konkret.

Cerita berawal saat korban berinisial RM memarkir kendaraan sepeda motor di Jalan Kareng Burane, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Kemudian pelaku berinisial AM berhasil mengambil dompet milik korban yang berisi ATM dan KTP yang disimpan di bawah sadel motor.

“Pelaku berhasil mengambil saldo ATM milik korban sebesar Rp 2,3 juta dengan menggunakan PIN sesuai dengan tanggal lahir korban yang tertera di KTP,” kata Kanit Resmob Satreskrim Polres Parepare, Aiptu Faesal, Sabtu (24/2/2018).

Faesal menjelasakan atas penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Crime Hunter, pelaku akhirnya bisa diciduk dan ditangkap di kamar kostnya. “Kita tangkap pelaku di rumah kostnya saat berdua dengan teman wanitanya,” jelasnya.

Dari tangan pelaku, kata Faesal, diamankan barang bukti yang merupakan hasil kejahatan diantaranya satu  unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan nomor polisi DP 2976 AW, satu buah ATM BRI milik korban yang di ambil pelaku serta satu lembar struk bukti penarikan via ATM BRI menggunakan rekeneing korban.

“Kasus ini memberi pelajaran sehingga kami sarankan kepada seluruh warga masyarakat agar sebaiknya untuk tidak menggunakan tanggal lahir pada PIN kartu ATM, agar tidak memudahkan pelaku kejahatan membuka atau membobol kartu ATM tersebut,” imbaunya.