Sabtu, 24 Februari 2018 13:20 WITA

Makhluk Purba yang Lebih Tua dari Dinosaurus Ditemukan di Pentagon

Editor: Suriawati
Makhluk Purba yang Lebih Tua dari Dinosaurus Ditemukan di Pentagon
Foto: Getty Images via Dailystar

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru dari Australia menemukan adanya makhluk yang lebih tua dari dinosaurus di beberapa blok bangunan Pentagon AS.

Peneliti Australian National University (ANU) berpendapat bahwa batu yang digunakan untuk membangun bangunan tersebut mengandung mikroba mineral yang berumur 340 juta tahun.

Batu yang dimaksud adalah batu kapur oolitik. Itu diyakini terbuat dari bola berukuran milimeter dari karbonat yang disebut ooids.

Co-peneliti, Dr Bob Burne mengatakan bahwa ooids terbuat dari lapisan konsentris mikroba termineralisasi, dan terbentuk oleh butir-butir yang bergulir di dasar laut dan mengumpulkan lapisan sedimen.

Dr Burne mengatakan bahwa manusia telah mengetahui dan menggunakan batu kapur oolitik sejak zaman kuno. Ini juga telah ditemukan di berbagai bangunan di dunia, termasuk Empire State Building, Istana Buckingham dan bahkan Katedral St Paul.

loading...

"Banyak batu kapur oolitik membentuk batu bangunan yang sangat baik, karena kuat dan ringan," katanya.

"Oolite Mississippi yang ditemukan di Indiana AS telah digunakan untuk membangun bagian Pentagon di Virginia dan sebagian Empire State Building di New York City."

Profesor Batchelor dari Sekolah Penelitian Fisika dan Teknik dan Institut Ilmu Matematika di ANU mengatakan bahwa temuan ini dapat membantu memahami lebih baik dampak perubahan iklim di masa lalu.

Temuan ini diterbitkan dalam Scientific Reports bulan ini.

Loading...
Loading...