Jumat, 23 Februari 2018 14:14 WITA

Ubah Lorong Kumuh, Dinkes Makassar Lakukan Ini

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ubah Lorong Kumuh, Dinkes Makassar Lakukan Ini

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar terus berupaya mengubah pola hidup masyarakat Kota Makassar. Salah satunya dengan menggalakkan Program Lorong Sehat (Longset).

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah T Azikin mengatakan, dalam menyukseskan program tersebut, dibutuhkan waktu satu tahun untuk melakukan pembinaan masyarakat lorong.

"Pembinaan dimulai dari melihat profil, bagaimana kondisi lorong tersebut sebelum dilakukan perubahan. Artinya dalam lorong kumuh itu, yang kita motivasi adalah masyarakatnya, agar mau perpartisipasi langsung dalam membenahi lingkungannya," kata Naisyah pada Rakyatku.com, Jumat (23/2/2018).

Setelah itu, lanjut Naisyah, pembinaan akan dilanjukan oleh masyarakat sendiri, dengan bekal surat keputusan (SK) dari lurah. Dengan demikian, pembinaan terkait pola hidup sehat ini dapat lebih meluas.

"Pokoknya semua harus murni dari masyarakat. Kami hanya bertugas mendampingi. Makanya kondisi setiap longset itu berbeda, berbeda model dan bentuk. Tergantung masyarakat di dalamnya mau bikin apa," jelasnya.

Apalagi, kata Naisyah, dalam mengubah tampilan lingkungan kumuh menjadi cantik, semua tergantung partisipasi dari masyarakatnya. Mengingat pemerintah tidak menganggarkan dana untuk itu.

"Ada lorong kita yang dananya itu dari hasil arisan, yang kemudian dibelikan pot bunga dan cat. Ada juga memanfaatkan barang-barang bekas untuk mempercantik lingkungannya, baik dibuat dalam bentuk tempat cuci tangan atau yang lainnya. Pokoknya semua dari masyarakat dan untuk masyarakat," pungkasnya.