Jumat, 23 Februari 2018 00:02 WITA

Terima Rp80 Juta, Kadis Perdagangan Sulsel Masih Berstatus Saksi

Penulis: Syukur
Editor: Nur Hidayat Said
Terima Rp80 Juta, Kadis Perdagangan Sulsel Masih Berstatus Saksi
Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Hadi Basalamah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Hadi Basalamah, berpotensi terseret dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) UPTD Balai Pelayanan Logistik Perdagangan. 

Keterlibatan Hadi menguat setelah tim penyidik melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Dalam hasil pemeriksaan tersebut ditemukan keterangan dugaan adanya uang Rp80 juta mengalir ke Hadi dari tersangka.

"Ada notes yang menerangkan Asikin memberikan uang Rp80 juta ke Pak Hadi Basalamah," ungkap Kabid Humas Kombes Pol Dicky Sondani, Kamis (22/2/2018).

Meski dalam bukti notes itu menerangkan tersangka Asikin pernah menyerahkan yang Rp80 juta kepada atasannya, namun Dicky menyebut Hadi menyangkalnya. Atas dugaan keterlibatan dalam kasus tersebut ia telah diperiksa pada 14 Februari 2018 lalu.

"Kadis Perdagangan saat ini masih berstatus saksi. Sementara penyidik juga belum mengagendakan pemeriksaan kembali terhadap Hadi Basalamah," tambah Dicky

Sebelumnya, Kepala UPTD Balai Pelayanan Logistik Perdagangan Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Nur Asikin terjaring OTT yang dilakukan oleh Subdit 3 Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kamis (28/12/2017) lalu.

OTT itu dilakukan saat Malik Arif selaku kontraktor pelaksana penunjukan langsung mengantarkan uang Rp350 juta kepada Kepala UPTD Balai Pelayanan logistik Dinas Perdagangan Sulsel.

Kemudian, Subdit 3 Tipikor langsung melakukan OTT dan berhasil menemukan barang bukti berupa uang Rp350 juta di ruangan Kepala UPTD dan di ruangan staf Rp83.600.000.

Sementara itu, OTT dilakukan terkait hasil penyewaan gedung Celebes Convention Center (CCC) yang tidak pernah disetor ke kas daerah. Di mana, penggunaan APBD 2017 dalam setiap kegiatan, Nur Asikin melakukan pemotongan hingga 65 persen dari nilai kontrak penunjukan langsung.??????