Kamis, 01 Maret 2018 01:30 WITA

Pengurusan KTP-el Melonjak, Siaplah Bersesak-sesak

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Pengurusan KTP-el Melonjak, Siaplah Bersesak-sesak
Pengurusan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba, mengungkapkan beberapa bulan terkhir kantor Disdukcapil terus disesaki warga.

Lonjakan jumlah warga yang ingin melakukan pengurusan, lanjut Niela, terjadi pasca ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kota Makassar kembali aman. Sebelumnya dinyatakan kosong sejak 2017 lalu.

Bahkan dalam satu hari, Disdukcapil Kota Makassar, bisa melayani sekira 700 hingga 1.000 warga. Sementara ruang pelayanan di kantor yang beralamat di Jalan Teduh Bersinar itu terbilang kecil. Akibatnya, Disdukcapil kerap mendapat keluhan dari masyarakat.

"Ruang pelayanan kami sangat kecil, tidak berbanding lurus dengan jumlah warga yang datang setiap harinya. Sehingga banyak orang yang komplain. Sedangkan kami tidak bisa berbuat banyak terkait hal itu, karena kenyataannya kantor kami memang kecil," kata Nielma,  (1/3/2018)

Nielma mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengajuan renovasi kantor. Namun, sifatnya jangka panjang dan tidak dapat selesai dalam waktu dekat. "Saat ini kami hanya bisa meminta masyarakat yang datang ke kantor agar lebih bersabar. Baik ketika melakukan pengurusan e-KTP ataupun berkas kependudukan lainnya," pungkasnya.