Jumat, 23 Februari 2018 03:30 WITA

Butuh Peran Aktif Perempuan untuk Membangun Takalar

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nur Hidayat Said
Butuh Peran Aktif Perempuan untuk Membangun Takalar
Advokasi dan Pengarusutamaan Gender atau (PUG) di ruang pola Kantor Bupati Takalar, Kamis (22/2/2018).

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Nirwan Nasrullah, menyebut peran perempuan sangat dibutuhkan membangun sebuah daerah.

Hal tersebut diungkapkan saat mewakili Bupati Takalar, Syamsari Kitta, membuka Advokasi dan Pengarusutamaan Gender atau (PUG) di ruang pola Kantor Bupati Takalar, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, PUG sangat penting untuk diwujudkan dan dilaksanakan. Itu karena sumber daya manusia (SDM) sangat berperang untuk kemajuan suatu wilayah dan merupakan strategi alternatif dalam percepatan tercapainya kesetaraan gender. 

Nirwan mengatakan, Pemda Takalar akan memberikan ruang terhadap perempuan untuk bisa ikut mengakses, mengontrol, dan berpartisipasi dalam kemajuan pembangunan. "Jika SDM perempuan bisa setara dengan SDM laki-laki, maka pembangunan di segala aspek dapat terlaksana dengan baik," ujar Nirwan.

Nirwan berharap, adanya kesetaraan gender tidak ada lagi bentuk diskriminasi dan marginalisasi terhadap perempuan dalam masyarakat. Ia berpesan agar para peserta betuk-betul mengaplikasikannya di lapangan nanti.

Butuh Peran Aktif Perempuan untuk Membangun Takalar

"Kegiatan ini untuk mmberikan informasi dan pemahaman kepada SKPD  instansi vertikal dan organisasi mengenai arti pentingnya penerapan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan dalam segenap bidang kehidupan," tutur Nirwan. 

Kegiatan yang diikuti 50 peserta tersebut terdiri atas pimpinan SKPD dan para Camat se-Kabupaten Takalar dengan pamateri Kepala Bidang Data dan Informasi Gender dan Anak Dinas PPPA Provinsi Sulsel, Suciati Saptamargani.