Kamis, 22 Februari 2018 17:06 WITA

Kedubes AS di Montenegro Diserang Bom Bunuh Diri

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kedubes AS di Montenegro Diserang Bom Bunuh Diri

RAKYATKU.COM - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Ibu Kota Montenegro, Podgorica, diserang oleh pelaku bom bunuh diri yang menggunakan granat. Pasca-serangan itu, Kedubes AS mengeluarkan peringatan agar menghindari kawasan tersebut.

"Kedutaan Besar AS di Podgorica memberitahu warga AS terkait situasi keamanan di Kedutaan Besar AS di Podgorica. Hindari kedutaan sampai pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pengumuman yang dikeluarkan Kedubes AS, dikutip dari Daily Express, Kamis (22/2/2018). 

"Hindari pertemuan dan demonstrasi besar-besaran, serta ikuti instruksi dari pemerintah setempat."

Sampai saat ini belum diketahui apakah Kedubes AS masih diserang atau berapa orang yang terluka.

Serangan tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 waktu setempat. Sebanyak 34 orang Amerika dan 134 staf lokal bekerja di Kedubes AS.

"Seseorang meninggal di luar Kedutaan Besar. Mobil terbakar atau semacamnya," kata salah seorang saksi.

"Seseorang melemparkan granat ke Kedutaan Besar dan satu meledak dan bunuh diri," imbuh saksi kejadian.

Sementara itu di Washington, Departemen Luar Negeri membenarkan kejadian tersebut.

"Sekitar tengah malam waktu setempat, saksi melihat pria yang tidak dikenali, melemparkan benda ke dinding properti kedutaan di Ibu Kota Podgorica," menurut Steve Goldstein, staf Kementerian Luar Negeri untuk urusan diplomasi dan urusan publik. 

Ledakan tersebut menewaskan pelaku namun tidak melukai siapa pun di kedutaan, yang tutup pada malam hari.

"Petugas keamanan diplomatik membersihkan area dan tidak menemukan bahan peledak lainnya," jelas Goldstein, dan bangunan itu tidak rusak. Kedutaan telah meminta pegawai lokal untuk tinggal di rumah pada hari Kamis sebagai tindakan pengamanan.

Goldstein mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri tidak tahu apa motif serangan tersebut atau apakah ini dimaksudkan untuk menjadi serangan bunuh diri.

Montenegro, salah satu negara termuda di dunia, adalah negara kecil dengan 640.000 yang terletak antara Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kosovo dan Albania. Negara itu pernah menjadi bagian dari Yugoslavia. Kemudian, ia menjadi setengah dari negara Serbia dan Montenegro sebelum mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 2006.