Rabu, 21 Februari 2018 17:50 WITA

Libatkan Timsel Independen, PSI Sulsel Siap Rekrut Caleg

Penulis: Rizal
Editor: Adil Patawai Anar
Libatkan Timsel Independen, PSI Sulsel Siap Rekrut Caleg

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasca dinyatakan lolos sebagai salah satu partai politik peserta Pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) langsung tancap gas. 

Terbaru, partai besutan Grace Natalie tersebut resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif se Sulsel mulai Rabu (21/2/2018) sampai tanggal 31 Maret mendatang.

"PSI Sulsel membuka pendaftaran caleg secara terbuka dari golongan manapun, siapapun dan latar belakang apapun selama memenuhi persyaratan yang ada. Kita lakukan secara transparan dan independen," tutur Ketua DPW PSI Sulsel, Fadli Noor, saat ditemui di Rumah Solidaritas, Jalan Boulevard Makassar, Rabu (21/2/2018).

Menurut Fadli, dalam pendaftaran caleg tersebut, PSI melibatkan tiga orang tokoh sebagai Tim Seleksi (Timsel) independen. Tiga tokoh tersebut berasal dari latar belakang profesi yang berbeda, masing-masing aktivis Anti Korupsi Andi Mangngara, akademisi Prof. Qasim Mathar, dan aktivis perempuan, Erma Husain.

"Mereka bertiga kita anggap mewakili simbol PSI yang anti korupsi dan anti intoleransi," jelasnya.

Disinggung mengenai agenda selanjutnya setelah pendaftaran, menurut Fadli, akan dilakukan seleksi berkas oleh Timsel. Agenda seleksi dokumen dan berkas bacaleg oleh Timsel tersebut akan berlangsung hingga 1 April 2018.

"Pada pertengahan April, akan dilakukan pengumuman, setelah melewati persentasi dan akan discoring oleh Timsel, itu kemudian akan menentukan nomor urut caleg," pungkas Fadli.

Sekedar diketahui, PSI sendiri menargetkan perolehan kursi secara nasional yakni sebesar 20 persen yang terbagi baik di tingkatan pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.