Rabu, 21 Februari 2018 17:20 WITA

10 Tersangka Perekrut ISIS Ditahan di Malaysia

Editor: Suriawati
10 Tersangka Perekrut ISIS Ditahan di Malaysia
Foto: Polisi Malaysia via CNA

RAKYATKU.COM - Polisi Malaysia berhasil menahan 10 orang yang diduga telah membantu militan terkait Negara Islam (ISIS) memasuki Filipina selatan dari Sabah. Tujuh dari mereka diidentifikasi sebagai orang Filipina dan tiga lainnya warga Malaysia.

Para tersangka, sembilan pria dan satu wanita, ditahan dalam operasi yang berlangsung antara 24 Januari hingga 6 Februari.

Menurut Inspektur Jenderal Polisi Malaysia Mohamad Fuzi Harun, intelijen awal dari mereka yang ditahan menunjukkan usaha kelompok Abu Sayyaf untuk mendirikan sebuah sel teror di negara bagian Sabah.

Ini untuk mempersiapkan pergerakan pejuang Negara Islam dari seluruh wilayah ke Filipina selatan, di mana mereka akan melakukan pelatihan militer. Anggota sel yang sama akan diminta untuk melancarkan serangan ke Sabah di masa depan. 

Dalam sebuah pengumuman pada hari Rabu (21/02/2018) polisi Malaysia juga mengatakan bahwa pihak berwenang Singapura telah menangkap seorang warga Malaysia berusia 34 tahun pada tanggal 18 Januari.

Pria tersebut dicurigai berencana untuk bergabung dengan ISIS di Suriah. Dia telah diserahkan ke Cabang Khusus di Johor Bahru pada tanggal 2 Februari untuk penyelidikan lebih lanjut. 

Menurut Channel NewsAsia, pria tersebut adalah Muhammad Nur Hanief Abdul Jalil, yang bekerja sebagai supir truk.