Rabu, 21 Februari 2018 10:55 WITA

Ganti Kata "Chinese" dengan "Lunar", Model Cantik Ini Dibully

Editor: Aswad Syam
Ganti Kata
Liu Wen

RAKYATKU.COM - Liu adalah model China pertama yang berjalan di catwalk di peragaan busana Victoria's Secret.
Model itu telah memicu reaksi balik, setelah mengirimkan pesan tahun baru kepada penggemar di Instagram.

Liu menggunakan ungkapan "Happy Lunar New Year", dan bukan "Chinese New Year". Ini mendorong beberapa pengguna media sosial China menuduh dia mengabaikan budayanya.

Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada tanggal 16 Februari, dirayakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia.

Ungkapan "Tahun Baru Imlek" sering digunakan sebagai pengganti "Tahun Baru China" karena festival yang ditentukan oleh kalender lunar, tidak hanya dirayakan di China, tetapi juga di Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, dan bagian Asia tenggara lainnya.

Liu, yang masuk dalam daftar model berbayar tertinggi Forbes, telah membukukan foto dirinya untuk merayakan tahun baru ini dengan wanita pengusaha Wendi Deng di depan pohon Kumquat yang meriah.

Usai mengirim ucapan itu, akun Liu dibombardir dengan ribuan pesan dari pengguna media sosial China yang menuduhnya berkeliaran ke negara-negara Asia lainnya.

"Jika bahkan orang China tidak menghormati budaya mereka sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain untuk menghormati Anda?" tulis pengguna Instagram baijingting999.

"Anda menyebutnya Tahun Baru China tahun lalu, tapi Tahun Baru Imlek pada tahun ini, menjijikkan!" tulis pengguna instagram lainnya.

Loading...

Yang ketiga menulis, "Jika Anda ingin menjadi orang Vietnam dengan sangat buruk, keluarlah dan jangan kembali ke China."

Tidak semua mem-bully. Seseorang mengatakan kepada Liu, "Selamat tahun baru! Orang-orang yang memiliki masalah dengan kata 'Lunar' perlu kembali ke sekolah untuk belajar bahasa Inggris."

Pengguna szml menulis: "Salam baik-baik saja, sebaiknya jangan mengubahnya hanya karena beberapa bullying online, ini akan meningkatkan mereka yang mencoba mendorong bullying online mereka."

Instagram diblokir di China, namun banyak pengguna menemukan cara untuk melewati ini, dan pos Liu juga diposting ulang di media sosial China.

China adalah salah satu pasar konsumen terbesar di dunia, dan pengguna media sosialnya menjadi semakin berpengaruh dalam beberapa tahun terakhir.

Awal bulan ini, pembuat mobil Daimler meminta maaf setelah anak perusahaannya, Mercedes Benz, mengutip Dalai Lama di sebuah pos Instagram - menimbulkan kemarahan banyak orang China secara online.

Dan pada 2016, raksasa kosmetik Prancis Lancome membatalkan sebuah konser promosi di Hong Kong setelah pengguna internet daratan China mengkritik seorang penyanyi yang akan tampil di sana, dan mengancam akan memboikot merek tersebut.

Loading...
Loading...