Selasa, 20 Februari 2018 13:18 WITA

Erwin Akib: Manfaatkan Potensi Toraja untuk Internasionalisasi Kampus

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Erwin Akib: Manfaatkan Potensi Toraja untuk Internasionalisasi Kampus

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Erwin Akib menilai, keindahan Tana Toraja yang menarik banyak kunjungan wisatawan, membuat Universitas Kristen Toraja (UKI Toraja) memiliki potensi yang sangat besar melakukan internasionalisasi perguruan tinggi.

"Toraja ini potensinya luar biasa, Orang asing menjadikan Toraja destinasi wisata, peluang inilah yang perlu ditangkap oleh UKI Toraja” Jelasnya saat didapuk menjadi pembicara tunggal, dalam workshop Internasionalisasi Perguruan Tinggi, di Kampus UKI Toraja, Selasa (20/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Erwin juga menggambarkan tantangan perguruan tinggi dimasa depan. Sehingga Internasionalisasi perguruan tinggi ini perlu bagi UKI Toraja.

“Sekarang kampus-kampus luar negeri sudah buka cabang di Indonesia, kalau Universitas-universitas di Indonesia tidak berbenah, akan kalah bersaing dengan mereka,” ujarnya.

Erwin Akib: Manfaatkan Potensi Toraja untuk Internasionalisasi Kampus

Kata Erwin, sebagai langkah awal, ada baiknya jika UKI Toraja terlebih dulu membuka Kelas Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).

"Kelas BIPA ini sebagai pintu pembuka untuk UKI Toraja, agar dikenal oleh orang asing," katanya dihadapan segenap petinggi Kampus UKI Toraja.

Terlebih lagi, setiap tahunnya Toraja memiliki event yang mendunia, yakni Lovely Desember. Di mana, moment ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri.

"UKI Toraja dapat menawarkan wisatawan tersebut untuk belajar Bahasa Indonesia di UKI Toraja walaupun hanya berupa Short Course," tambahnya.

Saat menutup materinya, Erwin Akib mengaku, pihak FKIP Unismuh akan selalu terbuka kepada berbagai Universitas, khususnya bagi UKI Toraja, untuk berkolaborasi dalam proses Internasionalisasi Kampus.