Sabtu, 17 Februari 2018 22:36 WITA

3 Pelaku Bom Bunuh Diri Ledakkan Laut Nigeria, 19 Tewas

Editor: Andi Chaerul Fadli
3 Pelaku Bom Bunuh Diri Ledakkan Laut Nigeria, 19 Tewas
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ledakan bom bunuh diri menghantam wilayah timur laut Nigeria sebanyak 3 kali. Sekitar 19 orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.

Insiden ini terjadi di sebuah pasar ikan di Konduga pada Jumat 16 Februari 2018, pukul 8:30 malam waktu setempat. Pihak keamanan menyebutkan bahwa teroris Boko Haram merupakan otak ledakan tersebut.

"Ada sekitar 19 orang tewas dan sekitar 70 lainnya terluka. Dua pelaku pengeboman bunuh diri melakukan aksinya di Pasar Ikan Tashan Kifi. Empat menit kemudian pelaku ketiga meledakkan bomnya," ujar Gugus Tugas Sipil Gabungan (Civilian Joint Task Force/CJTF), Babkura Kolo, dikutip dari AFP, Sabtu (17/2/2018).

"Korban termasuk 18 warga sipil dan seorang prajurit. Tashan Kifi ini adalah pasar yang menyediakan banyak makanan dan menjadi tempat warga saling bercengkrama," tambah dia.

Sementara petugas CJTF lainnya, Musa Ari menambahkan, 22 dari 70 warga yang terluka dirawat dalam kondisi kritis. "Tidak ada bantahan siapa pelakunya, sudah pasti Boko Haram yang sudah mengincar Konduga beberapa kali," kata dia.

Wilayah yang terkena serangan berada tidak jauh dari Borno, tidak ada komentar dari militer atau polisi di Borno. Selama sembilan tahun terakhir, kekerasan terus menghantam wilayah tersebut dan dilakukan oleh Boko Haram.