Kamis, 15 Februari 2018 20:41 WITA

Cerita Rektor Unhas Soal Kemeja Putih Jokowi

Editor: Nur Hidayat Said
Cerita Rektor Unhas Soal Kemeja Putih Jokowi
Presiden Joko Widodo di Universitas Hasanuddin membuka Forum Rektor Indonesia 2018, Kamis (15/2/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kedatangan Presiden Joko Widodo di Universitas Hasanuddin membuka Forum Rektor Indonesia 2018, Kamis (15/2/2018), membuat rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Dwia Aries Tina Pulubuhu mengenang kali pertama Jokowi datang kampus merah.

Jokowi memang pernah sekali mendatangi Unhas sewaktu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2013 silam. Kala itu Jokowi yang mengenakan kemeja putih hadir memberikan kuliah umum di pinggir danau Unhas dan blusukan ke Fakultas Kehutanan. 

"Bapak hadir lagi di kampus Unhas. Dulu berpakaian kemeja putih. Sekarang masih sama, tidak berubah dengan kesederhanaan diri, masih berkemeja putih. Yang membedakan hanya pengawalnya yang lebih banyak," kenang Dwia. 

Dwia mengatakan tidak akan pernah lupa dengan sikap Jokowi yang saat itu memilih sendiri tempat kuliah umumpadahal pihak panitia telah mentiapkan aula terbaik yang sudah didekor indah. Jokowi justru memilih di pinggir danau yang sejuk agar mahasiswa bisa memiliki akses lebih luas. 

"Kami mengucapkan selamat datang kembali di Unhas. Kami punya beberapa kampus, yang utama di sini namanya Tamalanrea. Yang artinya kampus tak jemu. Jika tamu yang datang pasti tak jemu dan akan kembali dan kembali lagi," ujar Dwia.

Sejak menjadi Presiden RI, Jokowi memang belum pernah lagi menginjakkan kakinya di Unhas. Kini, Jokowi akhirnya menginjakkan kaki di Unhas dalam acara terbesar untuk para rektor perguruan tinggi di Indonesia. 

Acara Forum Rektor Indonesia ini merupakan forum bertukar pikiran dan menghasilkan rekomendasi sebagai wujud komitmen pimpinan perguruan tinggi untuk mengawal hadirnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif dan sejahtera. 

Presiden Jokowi telah tiga kali menghadiri FRI. Dimulai di Yogyakarta pada 2016, kemudian di Jakarta 2017, dan di Makassar 2018.