Kamis, 15 Februari 2018 19:31 WITA

Bocah Gizi Buruk di Mamuju Kini Dirawat Intensif

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bocah Gizi Buruk di Mamuju Kini Dirawat Intensif

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Wahyu, bocah 7 tahun asal Desa Kabuloang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju yang didiagnosa mengalami gizi buruk, kini mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mamuju, Kamis (15/2/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Dr. Hajrah mengatakan, kondisi penyakit gizi buruk yang menimpah Wahyu, jauh sebelumnnya sudah dilakukan tindakan intervensi oleh pihak puskesmas setempat.

"Memang pada umur empat bulan Adinda kita itu sudah ada kelainan pertumbuhannya, tapi petugas kesehatan langsung menangani. Penanganan itu membuahkan hasil karena pertumbuhan adinda Wahyu bisa kembali normal," kata Hajrah.

Namun kata dia, pada tahun 2015 diumur empat tahun, kondisi pertumbuhan Wahyu kembali mengalami gangguan. Diperparah dengan orang tua Wahyu tidak koordinasi dengan petugas kesehatan setempat sehingga semakin hari semakin menurun pertumbuhannya.

"Sebenarnya saat anak itu sudah membaik, seharusnya petugas gizi memantau terus perkembangan anak itu. Kalau petugas tidak memantau, seharusnya orang tuanya yang melaporkan ke petugas tidak membiarkan anaknya seperti itu atau dilapor di aparat desa setempat. Kan ini tidak dilakukan," ujar Hajrah.

Namun kata Hajrah, untuk kasus ini pihaknya tidak menyalahkan siapapun. Karena kondisi penyakit Wahyu yang saat ini kian parah, "Pihak medis akan memberikan perhatian penuh, apalagi penyakit bocah itu sudah komplikasi yang memang harus mendapat perhatian serius dengan mengatur pola makanya," tukasnya.