Kamis, 15 Februari 2018 17:06 WITA

Teknologi 3D Ungkap Wajah Pendeta Saint Valentine

Editor: Suriawati
Teknologi 3D Ungkap Wajah Pendeta Saint Valentine
Foto: Cicero Moraes via Daily Mail

RAKYATKU.COM - Wajah Saint Valentine yang sebenarnya akhirnya terungkap berkat pemindaian tengkoraknya dengan menggunakan teknologi 3D. Hasil rekonstruksi digital mengungkapkan Saint Italia tersebut memiliki rahang yang kuat dan meninggal di usia muda pada 14 Februari, 269 Masehi.

Pemindaian baru ini bertentangan dengan rekonstruksi sebelumnya yang menunjukkan bahwa dia adalah orang yang berusia lebih tua.

Sedikit yang diketahui tentang pendeta tersebut, namun dia diyakini dieksekusi karena menentang larangan menikah yang ketat dari Kaisar Romawi Cladius II.

Dia secara diam-diam menikahkan seorang tentara, sehingga mendapatkan hukuman penjara dan hukuman mati. Ia dieksekusi pada tanggal 14 Februari. Pada hari itu juga St Valentine mengirim surat selamat tinggal untuk kekasihnya, dengan pengirim "From Your Valentine."

Teknologi 3D Ungkap Wajah Pendeta Saint ValentineTengkoraknya diyakini disimpan di Basilika Santa Maria dari Cosmed di Roma, Italia.

Kini perancang grafis Brazil, Cicero Moraes merekonstruksi wajahnya dengan menggunakan pemindaian tengkorak yang diambil oleh tim arkeolog dari Universitas Padua Italia tahun lalu.

Moraes mengatakan bahwa dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menyelesaikan keseluruhan rekonstruksi, dengan proses yang cukup rumit. Dalam hal ini dia menggunakan metode 'Manchester' yang dikembangkan oleh ilmuwan forensik Inggris pada tahun 1977 dan menciptakan kembali ketebalan jaringan lunak dan otot wajah.