Kamis, 15 Februari 2018 16:27 WITA

Garam Diharap Tekan Kemiskinan di Pangkep

Editor: Andi Chaerul Fadli
Garam Diharap Tekan Kemiskinan di Pangkep
Sekda Pangkep, Yatrib

RAKYATKU.COM - Kabupaten Pangkep dinilai menjadi salah satu daerah dengan potensi penghasil garam besar di Indonesia. Bahkan di tahun 2017 lalu, produksi garam di Pangkep mencapai mencapai 5.437,5 ton. 

Angka tersebut terbilang turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 9.461.22 ton.

Potensi garam di Pangkep ini diharapkan menjadi salah satu solusi mengurangi angka kemiskinan di Pangkep yang kini berada di angka 16 persen.

"Kita berharap produksi garam tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi angka kemiskinan. Karena petani garam banyak mendapatkan manfaat dan malah meningkat kesejahteraannya. apalagi harga garam akhir-akhir ini semakin melonjak," ujar Sekda Pangkep, Yatrib pada sosialisasi Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar), Kamis (15/2/2018).

Menurut dia, ada dua kecamatan yang merupakan sentra garam di Pangkep, Kecamatan Bungoro dan Kecamatan Labakkang. Dengan potensi tambak garam mencapai 845 hektar per tahun. 

"Dengan potensi yang ada ini, kita berharap banyak petani yang termotivasi dan melirik untuk usaha garam," jelas Yatrib.

Sementara itu, Direktur Jasa kelautan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Moh Abduh Nurhidajat menilai, potensi Pangkep sangat baik dibandingkan dengan lima kabupaten lainnya di Sulsel. 

Ia berharap petani garam di Pangkep dapat lebih meningkatkan mutu produksi.

"Kebutuhan garam di Indoensia masih sangat kurang. Jumlah kebutuhan garam nasional mencapai 4 juta ton. Terlebih garam industri kita masih sangat kurang, mengingat semua perusahaan membutuhkan garam," kata Abduh.

Tags