Kamis, 15 Februari 2018 14:38 WITA

Jacob Zuma Mundur Sebagai Presiden Afrika Selatan

Editor: Suriawati
Jacob Zuma Mundur Sebagai Presiden Afrika Selatan
Jacob Zuma

RAKYATKU.COM - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah mengundurkan diri dari jabatannya. Pria berusia 75 tahun, yang telah berkuasa selama sembilan tahun itu mengumumkan niatnya meninggalkan kursi kepemimpinan, melalui konferensi di televisi pada hari Rabu (14/02/2018).

Zuma telah menghadapi tuduhan korupsi dan diperintahkan untuk mengundurkan diri dari partainya pada hari Selasa.

Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa di negara tersebut telah mengajukan mosi tidak percaya diri terhadap presiden.

Mereka mendesak Zuma untuk berhenti dan membiarkan wakilnya Cyril Ramaphosa, yang terpilih sebagai pemimpin ANC pada bulan Desember, untuk mengambil alih.

Jacob Zuma Mundur Sebagai Presiden Afrika SelatanDalam pengumumannya, Zuma mengatakan, "Karena itulah saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai presiden republik dengan segera."

"Meskipun saya tidak setuju dengan keputusan pimpinan organisasi saya, saya selalu menjadi anggota disiplin ANC," katanya.

Sebelum terjun ke dunia politik, Zuma adalah pejuang perlawanan anti-apartheid. Selama beberapa dekade, presiden, yang memiliki empat istri, telah terlibat dalam sejumlah skandal yang memolarisasi negara.