Kamis, 15 Februari 2018 12:47 WITA

Kunjungan RI-1

Jokowi Beri Kuis Nama Ikan, Tak Ada yang Sebut Ikan Tongkol

Editor: Aswad Syam
Jokowi Beri Kuis Nama Ikan, Tak Ada yang Sebut Ikan Tongkol
Isra dari SD Inpres Karalabua Gowa, mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi usai menghafal Pancasila.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo kembali membagi-bagikan sepeda kepada masyarakat Gowa yang mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Jokowi.

Pembagian sepeda tersebut dilakukan di acara Penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Pangan Rastra, di Kabupaten Gowa, Kamis (15/2/2018).

Pertanyaan pertama dilontarkan Presiden Jokowi kepada ibu-ibu rumah tangga. Mereka diminta menyebutkan minimal tujuh ikan di Indonesia.

"Negara kita ini memiliki perairan yang luas yang di dalamnya banyak  ikan, jika ada ibu-ibu yang mampu menyebutkan tujuh jenis ikan, akan saya berikan hadiah sepeda," kata Jokowi.

Setelah itu, seluruh ibu-ibu pun langsung angkat tangan, dan Ibu Dewi lah yang di tunjuk untuk naik menjawab pertanyaan tersebut.

Setelah naik, Ia pun menyebutkan tujuh ikan. "Mujair, ikan Sunu, Mairo, ikan Tenggiri, ikan katonggo dan ikan kakap," sebut Dewi yang kemudian diikuti gelak tawa masyarakat yang hadir, karena ada beberapa nama ikan yang dia sebutkan dengan bahasa daerah. Tak ada ikan tongkol di antara nama-nama ikan yang disebut Ibu Dewi.

Karena semua nama-nama ikan tersebut benar, Jokowi pun langsung memberikan sepeda yang dimaksud. "Hayoo...ambil sepedanya," ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya ia memberikan kesempatan kepada anak-anak SD untuk membacakan Pancasila, jika benar maka akan di berikan lagi sepeda.

Isra, murid kelas 4 SD Inpres Karalabua dari Kecamatan Parigi yang ditunjuk. Dengan tegas tanpa grogi, Isra membacakan Pancasila di depan Jokowi dan Menteri yang hadir.

"Benar sekali, kentara cerdas dan tegas dan tidak grogi sama sekali berdiri di depan presiden, dan berhak mendapatkan hadiah sepeda," kata Jokowi sembari memberikan sepeda kepadanya.

Yang terakhir, Jokowi yang selalu memberikan hadiah sepeda kepada masyarakat ketika kunjungan ke daerah. Orang nomor satu di Republik Indonesia itu memberikan pertanyaan kepada ibu guru yang hadir dengan menyebutkan tujuh suku di Indonesia.

Yang ditunjuk naik ke panggung untuk menyebutkan tujuh suku yaitu Kartini, guru TK di Gowa. Meskipun terbata-bata karena grogi, namun ia tetap berhasil menyebutkan tujuh suku yang ada di Indonesia. Setelah berhasil ia kemudian diberikan sepeda.

"Alhamdulillah sudah mendapatkan sepeda semuanya, karena berhasil menjawab pertanyaan," tutupnya.