Kamis, 15 Februari 2018 07:30 WITA

Sejarah 15 Februari: Dari YouTube hingga Olla Ramlan

Editor: Abu Asyraf
Sejarah 15 Februari: Dari YouTube hingga Olla Ramlan
Trio penemu YouTube, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

RAKYATKU.COM - Banyak kejadian penting lahir pada 15 Februari. Beberapa artis lahir pada tanggal ini. Tak kalah bersejarah adalah diluncurkannya YouTube.

Situs web berbagi video ini dibuat tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign. Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. 

Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

Berikut beberapa peristiwa penting pada 15 Februari dari tahun ke tahun seperti dikutip dari wikipedia:

Peristiwa

590 - Khosrau II dinobatkan menjadi Raja Persia.
706 - Kaisar Bizantium Justinian II menghukum mati pendahulunya Leontios dan Tiberios III di depan umum di Hippodrome Konstantinopel.
1214 - John, Raja Inggris, mendaratkan pasukan invasi di La Rochelle, Perancis.
1493 - Sementara di papan Surat Niña, Kristoforus Kolumbus menulis sebuah surat terbuka menggambarkan penemuannya dan artifak tak terduga ia menemukan di Dunia Baru, yang akan didistribusikan secara luas sekembalinya ke Portugal.
1637 - Ferdinand III dinobatkan menjadi Kaisar Romawi Suci.
1690 - Constantin Cantemir, Pangeran Moldavia, dan Kekaisaran Romawi Suci menandatangani perjanjian rahasia di Sibiu, menetapkan bahwa Moldavia akan mendukung aksi-aksi yang dipimpin oleh Wangsa Habsburg melawan Kekaisaran Ottoman
1764 - Kota St. Louis didirikan di Louisiana Spanyol (sekarang terletak di Missouri, Amerika Serikat).
1798 - Republik Romawi diproklamirkan setelah Louis-Alexandre Berthier, jenderalnya Napoleon, menginvasi kota Roma 5 hari sebelumnya.
1804 - Revolusi Serbia dimulai.
1835 - Hukum konstitusi pertama di Serbia modern diadopsi.
1862 - Perang Saudara Amerika: Jenderal Ulysses S. Grant menyerang Fort Donelson, Tennessee.
1879 - Hak-hak Perempuan: Presiden Amerika Serikat Rutherford B. Hayes menandatangani undang-undang yang membolehkan pengacara perempuan untuk berdebat kasus sebelum ke Mahkamah Agung Amerika Serikat..
1898 - Perang Spanyol-Amerika: Kapal USS Maine meledak dan tenggelam di Pelabuhan Havana, Kuba. Kejadian ini membuat Amerika berperang dengan Spanyol.
1942 - Perang Dunia II: Pertempuran Singapura: Komandan pasukan Inggris Jenderal Arthur Percival yang memimpin pasukan Sekutu di Singapura menyerah kepada Tentara Kekaisaran Jepang. Sekitar 130.000 tentara India, Australia dan Inggris menjadi tahanan perang, penyerahan terbesar personel militer Inggris dalam sejarah. Pembantaian Sook Ching mengikuti penyerahan ini.
1944 - Perang Dunia II: Serangan ke Monte Cassino, Italia dimulai.
1944 - Perang Dunia II: Ofensif Narva dimulai.
1945 - Perang Dunia II: Hari ketiga Pengeboman Dresden.
1949 - Gerald Lankester Harding dan Roland de Vaux memulai penggalian di Gua 1 dari Gua Qumran, di mana mereka akhirnya akan menemukan tujuh Naskah Laut Mati pertama.
1950 - Uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok menandatangani perjanjian kerjasama pertahanan.
1952 - Raja George VI dari Inggris dimakamkan di St George's Chapel, Kastil Windsor.
1954 - Kanada dan Amerika Serikat setuju untuk membangun Jalur Peringatan Dini Jauh, sistem stasiun radar di daerah Kutub Utara jauh Kanada utara dan Alaska.
1958 - Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia: Ultimatum Dewan Perjuangan di Padang terhadap Pemerintahan Jakarta Pusat berujung pada terbentuknya PRRI.
1965 - Desain daun Maple merah-putih baru diadopsi sebagai bendera Kanada, menggantikan Bendera Merah Kanada yang lama.
1972 - José María Velasco Ibarra, yang terpilih sebagai Presiden Ekuador untuk yang kelima kalinya, digulingkan oleh militer untuk keempat kalinya.
1976 - Konstitusi Kuba tahun 1976 diadopsi lewat referendum nasional.
1982 - Rig pengeboran Ocean Ranger tenggelam saat badai di lepas pantai Newfoundland, menewaskan 84 pekerja rig.
1989 - Perang Soviet-Afganistan: Uni Soviet secara resmi menyatakan bahwa semua pasukannya telah meninggalkan Afganistan.
1990 - Awal penayangan acara TV The Crystal Maze di Channel 4, Inggris.
1996 - Di Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Cina, sebuah roket Chang Zheng 3 yang membawa Intelsat 708, jatuh di sebuah pedesaan setelah lepas landas, menewaskan banyak orang.
2001 - Draf pertama Genom Manusia lengkap diterbitkan dalam jurnal sains Nature.
2003 - Protes dan demonstrasi global terhadap Perang Irak terjadi di 600 kota di dunia. Sekitar 10.000.000-15.000.000 orang berpartisipasi membuatnya menjadi demonstrasi terbesar sepanjang masa.
2005 - YouTube, situs Internet di mana video dapat digunakan dan dilihat bersama dengan orang lain, diluncurkan di Amerika Serikat.
2009 - Venezuela melaksanakan referendum atas konstitusinya.

Kelahiran

Sejarah 15 Februari: Dari YouTube hingga Olla Ramlan

1564 - Galileo Galilei, astronom, fisikawan Italia 
1929 - Graham Hill, pembalap F1, ayah dari Damon Hill, juara dunia F1 1962 dan 1968 
1940 - Hamzah Haz, Wakil Presiden Indonesia ke-9
1950 - Merab Chigoev, Perdana Menteri Ossetia Selatan 
1980 - Olla Ramlan, aktris Indonesia

Berita Terkait