Rabu, 14 Februari 2018 22:25 WITA

Alumni Perikanan Unhas Desak Jokowi Segera Fungsikan Pelabuhan Untia

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
Alumni Perikanan Unhas Desak Jokowi Segera Fungsikan Pelabuhan Untia
Pelabuhan Untia Makassar.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Menjelang kedatangan Presiden Jokowi di Unhas besok, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Perikanan Unhas mendesak Jokowi untuk segera merampungkan Pelabuhan Untia agar segera difungsikan.  

Ketua IKA Perikanan Unhas Bachrianto Bahtiar mengatakan, potensi maritim Indonesia belum dikelola dengan baik. Sehingga perlu niat baik pemerintah dan pemimpinnya secara politik dan ekonomi, mendorong teknologi dan inovasi. Agar nelayan yang hidup di ribuan pulau lebih sejahtera.

"Selain infrastruktur dan masalah energi. Pemerintah harus aktif mendorong produktivitas, efektivitas, dan efisiensi dalam mengelola wilayah laut. Pengangguran tidak boleh diselesaikan hanya dengan industri padat modal. Sebaliknya harus berbasis rumah tangga, " katanya. 

Masyarakat diajak bermain dengan inovasi teknologi ramah lingkungan. Meningkatkan kualitas. Agar produksinya tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga untuk ekspor.

Khusus nelayan, menurutnya, pemerintah harus menerapkan subsidi tepat sasaran. Bibit ikan disiapkan, fasilitas listrik, modal, dan pasar harus disediakan pemerintah.

Loading...

Dalam kajian ketimpangan ekonomi, penyebab utama ketimpangan di masyarakat adalah ketimpangan teknologi dan struktur politik-ekonomi yang tidak memihak. Sehingga lapisan sosial kita jaraknya terus melebar.

Berbagai sarana penunjang untuk nelayan sudah dibangun pemerintah. Menggunakan uang rakyat yang tidak sedikit. Salah satunya adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. 

"Kami juga meminta agar segera mempercepat pembangunan fasilitas nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia. Seperti air bersih dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Menyediakan fasilitas pabrik es untuk nelayan. Membangun cold storage untuk menampung ikan nelayan," tuturnya. 

Loading...
Loading...