Rabu, 14 Februari 2018 08:34 WITA

Pagi Ini Sidang Cerai Ahok-Vero Masuk Pembuktian

Editor: Aswad Syam
Pagi Ini Sidang Cerai Ahok-Vero Masuk Pembuktian
Ahok dan Vero saat masih harmonis.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pagi ini akan digelar sidang ketiga perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan istrinya, Veronica Tan di PN Jakarta Utara. Agendanya, pembuktian perkara.

"(Agenda sidang hari ini) pembuktian. Jadi pembuktian itu kan ya apakah pembuktian maksudnya sudah sekaligus dengan saksi atau apa, gitu. Jadi tinggal tunggu surat-surat dulu baru saksi," kata Humas PN Jakut, Jootje Sampaleng, sebagaimana dilansir dari detikcom, Rabu (14/2/2018).

Jootje menyebut, tahapan persidangan seharusnya lebih cepat jika pada sidang hari ini kedua pihak menghadirkan saksi. "Ya iyalah (sidang akan lebih cepat jika Vero hadir), pasti habis pembuktian ya kesimpulan. Kalau memang mereka ajukan saksi sampai hari ini ya," tuturnya.

Ia pun menyebut, usai pembuktian perkara ada satu tahap lagi sebelum menuju putusan. Jootje mengatakan jika pembuktian perkara sudah selesai, diberikan kesempatan jika ingin mengajukan kesimpulan kepada Pengadilan Agama (PA).

"Belum (ke putusan), kalau pembuktian sudah selesai diberikan kesempatan kalau ke PA-nya mau mengajukan kesimpulan dikasih kesempatan. Baru masuk ke putusan," ujarnya.

Terkait ketidakhadiran vero pada dua sidang sebelumnya, menurut Jootje, Vero dianggap telah melepaskan hak-haknya untuk memberikan pembelaan saat persidangan.

Loading...

"Secara sah sudah dianggap dia sudah melepaskan hak untuk hadir di persidangan untuk membela hak-haknya. Jadi ya sudah, dianggap dia tidak hadir. Maka pemeriksaan dilanjutkan, nah, hari ini pembuktian," sebutnya.

Seperti diketahui, Vero kerap tak hadir pada sidang-sidang sebelumnya. Vero menitipkan surat untuk melepaskan haknya dalam pembelaan sehingga sidang bisa tetap dilanjutkan.

Senada dengan Jootje, Pengacara Ahok, Josefina Agatha Syukur juga menyebut tak hadirnya Vero tidak akan menghambat proses persidangan. Hal itu disebutnya diizinkan dalam hukum.

"Tidak menghambat, karena kan diizinkan juga di dalam hukum. Kalau pihak tergugat tidak hadir sidang tetap bisa dilanjutkan," jelasnya.

Loading...
Loading...