Senin, 12 Februari 2018 15:29 WITA

Resmi Jadi Cagub Jatim, Khofifah Ternyata Suka Gonta Ganti Pasangan

Editor: Abu Asyraf
Resmi Jadi Cagub Jatim, Khofifah Ternyata Suka Gonta Ganti Pasangan
Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur 2018

RAKYATKU.COM - Mantan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa bisa disebut perempuan pejuang yang gigih. Dia rela gonta ganti pasangan untuk memuluskan tekadnya.

Hari ini, Khofifah resmi menjadi calon gubernur Jawa Timur. Dia didampingi Bupati Trenggalek, Emil Elistyanto Dardak yang juga politikus PDIP. Mereka diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nasdem, PPP, Hanura, dan PAN.

Wanita yang ditinggal mati Indar Parawansa, putra asal Takalar Sulawesi Selatan, itu head to head dengan koleganya sesama kader PKB, Saifullah Yusuf yang menggandeng Puti Guntur Soekarno, cucu Presiden pertama RI, Soekarno.

Bagi Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, ini status pertama sebagai calon gubernur Jatim. Pada dua periode sebelumnya, dia selalu jadi calon wakil gubernur Jatim mendampingi Soekarwo. Dalam dua pilkada sebelumnya, mereka selalu mengalahkan Khofifah.

Sementara bagi Khofifah, ini adalah keikutsertaan ketiga kali di Pilgub Jawa Timur. Sebelumnya, dia juga bertarung sebagai calon gubernur pada Pilgub 2008 dan 2014.

Pada Pilkada 2008, Khofifah maju berpasangan Mudjiono. Sayang, mereka dikalahkan pasangan Soekarwo-Gus Ipul. 

Belum menyerah, Khofifah kembali maju pada Pilgub 2013. Dia ganti pasangan. Herman Surjadi Sumawiredja yang dipilih untuk bertarung melawan petahana. Namun, lagi-lagi Khofifah harus menderita kekalahan.

Faktor itu pula yang membuat PKB tak lagi mengusung Khofifah pada Pilgub Jatim kali ini. "PKB pernah mengusung Ibu Khofifah dua kali tetapi kalah. Tentu, pengalaman ini hendak kita jadikan pelajaran,” komentar Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar baru-baru ini.
 

Berita Terkait