Senin, 12 Februari 2018 09:31 WITA

BMKG: Waspada Angin Kencang di Pesisir Selatan Sulsel

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Abu Asyraf
BMKG: Waspada Angin Kencang di Pesisir Selatan Sulsel
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan, kondisi cuaca di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dan sekitarnya pagi hari ini, Senin (12/2/2018), akan berawan dan diprediksi berpotensi hujan ringan.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Jeneponto, Watansoppeng, Takalar, Barru, Parepare, Pinrang, Sidenreng Rappang, dan Belopa. Sementara untuk Kota Makassar, Maros, Pangkep, dan Gowa, diperkirakan intensitas hujan sedang.

"Siang dan sore hari, cuaca berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan, di daerah Jeneponto, Watansoppeng, Takalar, Barru, Parepare, Pinrang, Sidenreng, Belopa, Makassar, Maros, Pangkep, Gowa," ungkap Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Yosik Norman.

Pada malam hari, hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Rantepao, Makale, Masamba, Palopo, Belopa, Maros, Pangkep.

Sedangkan dini hari, akan berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Jeneponto, Watansoppeng, Takalar, Sinjai, Bulukumba, Selayar, Barru, Parepare, Pinrang, Sidenreng, Belopa, Makassar, Maros, Pangkep, Gowa.

Adapun suhu udara di wilayah Sulawesi Selatan, dalam kisaran antara 20 sampai 31 derajat celcius, dengan kelembapan udara 70 hingga 95 persen. Kemudian angin barat dan barat laut, 10 sampai 30 kilometer per jam.

Loading...

"Peringatan dini untuk masyarakat, terjadi Moderate Sea dengan ketinggian gelombang 1,25 sampai 2,5 meter. Gelombang ini diperkirakan terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores," pungkasnya.

Adapun suhu udara di wilayah Sulsel, berada pada kisaran antara 19 sampai 31 derajat celcius, dengan kelembaban udara 75 hingga 95 persen. Kemudian angin barat dan barat laut, 10 sampai 40 kilometer per jam.

"Peringatan dini untuk masyarakat, waspada angin kencang wilayah pesisir selatan Sulsel. Serta gelombang tinggi 1,25 sampai 2,5 meter," ujarnya.

Gelombang ini diperkirakan terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores.

Loading...
Loading...