Jumat, 09 Februari 2018 21:14 WITA

Kursi Wabup Barru Lowong, Ini Jadwal dan Mekanisme Pemilihannya

Editor: Jumardin Akas
Kursi Wabup Barru Lowong, Ini Jadwal dan Mekanisme Pemilihannya

RAKYATKU.COM, BARRU - DPRD Barru mulai serius membahas pengisian kursi jabatan Wakil Bupati Barru, setelah beberapa bulan vakum.

"Tahapan pemilihan wakil bupati kini sudah berjalan karena Tim Pansus sudah terbentuk. Komposisi tim ini beranggotakan 11 anggota dewan termasuk tiga unsur pimpinan DPRD," kata anggota tim Pansus, Saharuddin Sunre, Jumat (9/2/2018).

Wakil Ketua Komisi II DPRD itu menerangkan bahwa langkah awal yang akan dilakukan Tim Pansus yaitu menyusun tata tertib dan Peraturan Daerah.

“Setelah semua tahapan aturan tersebut disepakati, maka kita akan lakukan pemilihan wakil bupati pada awal Juni tahun ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, masing-masing partai pengusung pada Pilkada tahun 2015 lalu mengajukan calon kandidatnya untuk dirembukkan kembali. 

"Jika sudah mengerucut menjadi dua calon, selanjutnya disampaikan kepada Bupati untuk diketahui. Jika sudah disampaikan, seluruh anggota dewan yang berjumlah 25 orang melakukan pemilihan," ungkapnya.

Sebelumnya, jabatan wakil bupati dijabat Suardi Saleh. Suardi kemudian dilantik menjadi Bupati Barru sejak 18 November 2017 menggantikan Andi Idris Syukur. Tercatat, kursi wakil bupati sudah lowong sejak November 2017.

Sementara pada Pilkada pemenangan 2015 lalu, pasangan Andi Idris Syukur dan Suardi Saleh diusung oleh empat parpol, diantaranya Hanura, PKS, Gerindra, dan PPP. Keempat Partai tersebut diberikan kewenangan untuk mengusulkan nama calon Wakil Bupati Barru.