Kamis, 08 Februari 2018 13:33 WITA

Indonesia Akan Bantu Myanmar Tangani Terorisme

Editor: Suriawati
Indonesia Akan Bantu Myanmar Tangani Terorisme
Wiranto (kiri) saat berkunjung ke Myanmar.

RAKYATKU.COM - Pemerintah Indonesia akan membantu Myanmar dalam menghadapi kemungkinan munculnya terorisme di negara tersebut.

"Kami ingin membantu dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman kami untuk mencegah teroris membangun basis baru di kawasan ini (Myanmar)," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

Wiranto menambahkan bahwa, karena Negara Islam (IS) semakin lemah dan kehilangan tanah di Filipina, sangat mungkin mereka akan mencari tempat lain di wilayah tersebut untuk mendirikan basis baru. Hal itu mendorong pemerintah Myanmar untuk berhati-hati agar lebih waspada terhadap ancaman militan tersebut. 

"Oleh karena itu, Myanmar ingin belajar dari pengalaman Indonesia, yang telah bekerja sama dengan negara lain untuk memerangi radikalisme dan terorisme," jelas Wiranto.  

Loading...

"Tidak mungkin satu negara saja bisa mengatasi terorisme. Negara harus bekerja sama, karena terorisme tidak memiliki batas dan tidak terikat peraturan," katanya. 

Untuk itu, Myanmar akan mengirim tim militer ke Indonesia untuk membahas cara mengatasi kemungkinan terorisme.

Sebelumnya, Myanmar telah menyuarakan keprihatinan atas ancaman militan terkait IS yang mungkin masuk ke negara tersebut bersamaan dengan kembalinya pengungsi Rohingya dari Bangladesh.

Tags
Loading...
Loading...