Kamis, 08 Februari 2018 12:19 WITA

Cegah Inflasi, DP2 Makassar Usul Sistem Data Harga Berbasis Online

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Cegah Inflasi, DP2 Makassar Usul Sistem Data Harga Berbasis Online
Kepala DP2 Kota Makassar, Abdul Rahman Bando.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar mengusulkan adanya pembuatan sistem informasi data harga dan stok komoditas berbasis online alias daring. Khususnya menyangkut komoditas yang paling berpengaruh terhadap inflasi.

Kepala DP2 Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, mengatakan dengan adanya sistem daring, semua pelaku usaha baik pedagang, pengecer, maupun distributor, dapat melaporkan sendiri daftar harga dan jumlah stok komoditas sesuai periode yang disepakati. Hal itu menjadikan data lebih akurat. 

Sistem ini akan melibatkan seluruh lapisan pasar. Mulai dari pedagang ikan di pelelangan ikan, pedagang beras di pasar tradisional, distributor beras, pengecer dan distributor gula, minyak goreng dan terigu, pedagang dan pengecer sayuran, atau pedagang cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya. 

"Selama ini data harga dan stok diperoleh dengan menurunkan petugas dari instansi terkait. Tentu daya jangkaunya sangat terbatas," kata Abdul Rahman kepada Rakyatku.com, Kamis (8/2/2018).

loading...

Memang ada Badan Pusat Statitistik (BPS) yang ikut mengumpulkan data, tetapi mereka hanya menggunakan teknik sampling. Sehingga terkadang, lanjut Abdul Rahman, data yang diperoleh kerap tidak mencerminkan fakta yang sebenarnya di lapangan.

"Kemarin usulan ini sudah saya sampaikan dalam rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel. Semoga dapat diterima dan segera ditindaklanjuti," pungkasnya.

Loading...
Loading...