Kamis, 08 Februari 2018 05:31 WITA

Tips Agar Tidak Mengantuk saat Membaca Alquran

Editor: Abu Asyraf
Tips Agar Tidak Mengantuk saat Membaca Alquran

RAKYATKU.COM - Membaca Alquran bagi umat muslim tidak diragukan lagi pahalanya. Walaupun kelihatan cukup mudah, tantangan yang harus dilewati justru lebih berat.

Salah satu tantangannya adalah melawan rasa kantuk. Salah seorang mubaligah, Salmiah Rambe mengatakan, rasa kantuk itu salah satu bentuk godaan setan untuk menghalangi umat Islam membaca Alquran. Butuh perjuangan untuk menaklukkannya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar tidak mengantuk saat membaca Alquran yang dirangkum dari pengalaman banyak orang:

1. Mengikhlaskan Niat

Hendaknya mengikhlaskan diri hanya untuk mencari ridha Allah dan mengharap pahala dari-Nya ketika akan membaca Alquran.

2. Berwudhu Terlebih Dahulu

Hendaknya berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca Alquran dan mengondisikan dirinya dalam keadaan suci.

3. Memahami Bacaan

Berusaha memahami ayat-ayat yang dibaca sehingga dapat menjiwainya seperti saat membaca surat yang dikirimkan oleh seseorang yang dicintainya kepadanya. Tentu ia akan memperhatikan setiap kalimat yang tertera dalam surat tersebut.

4. Ada Balasan yang Besar

Meyakini bahwa setiap ayat bahkan setiap huruf dari Alquran yang kita baca akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Ta’ala. Hal ini dapat memotivasi kita untuk memperbanyak ayat yang kita baca demi mengharapkan balasan kebaikan yang banyak dari Allah Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan tersebut digandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif adalah satu huruf, lam adalah satu huruf dan mim adalah satu huruf.” (HR Tirmidzi No 2910 dan dishahihkan oleh Albani.

5. Tempat Ikut Berpengaruh

Sebaiknya memilih tempat yang kondusif untuk membaca Alquran, seperti ruangan yang terang, terbebas dari suara-suara yang dapat mempengaruhi kekhusyukan ketika membaca, seperti suara orang mengobrol, atau suara radio atau TV apalagi musik, dan lain-lain.

6. Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk membaca Alquran bisa membuat kita merasakan kenikmatan yang maksimal dalam membaca Alquran. Jangan memaksakan diri membaca Alquran dalam keadaan capek, lelah, lapar atau mengantuk, karena keadaan-keadaan ini membuat kita tidak nyaman.

7. Berdoa

Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaii wasallam, yakni "Dari Anas bin Malik ia berkata: “Adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa dengan mengucapkan: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa gelisah, sedih, lemah, malas, pengecut, bakhil, dililit hutang dan dikuasai oleh orang.” (HR. Bukhari No 6008)

8. Gerakkan Anggota Tubuh

Ketika rasa kantuk datang, jangan langsung menyerah. Itu namanya belum berjuang. Surga tidak akan diraih oleh orang yang belum berjuang sepenuhnya. Bergeraklah. Pindah tempat duduk akan lebih fresh. "Kalau masih ngantuk juga, berdiri sebentar, gerakan tangan dan leher,” tutur bunda Salmiah.

9. Jangan Terlalu Dekat

Biasanya matanya akan cepat lelah. Ketika membaca, jangan terlalu dekat. Jangan terus matanya menatap di barisan ayat. Begitu ada ayat yang dihafal, alihkan mata ke pandangan yang luas, jadi bisa ada waktu istirahat dan mata tidak mudah capek. Kalau masih ngantuk juga, ambil wudhu. Kalau sudah wudhu masih ngantuk juga, simpan Alquran, lalu tidur. Itu dibolehkan asalkan, sudah ada perjuangan melalui tahap sebelumnya.