Sabtu, 11 Juni 2016 06:00 WITA

Sulsel Dapat WTP Lagi, SYL: Harus Mendunia

Penulis: Fathul Khair
Editor: Andi Chaerul Fadli
Sulsel Dapat WTP Lagi, SYL: Harus Mendunia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) adalah salah satu tokoh yang patut merasa bangga atas prestasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2015.

SYL yang ditemui Rakyatku.com di salah satu cafe di Makassar, Jumat (10/6/2016), sudah lebih dahulu terlibat pembicaraan bersama sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulsel.

Dia mengenakan peci dan baju batik lengan panjang warna oranye, ditambah kain sorban yang melekat dipundaknya. Dia tampak santai menyeruput kopi, sambil mendiskusikan prestasi yang baru saja diperoleh itu.

"Prestasi WTP yang kita dapatkan ini, bukan hanya menjadi contoh lokal. Tapi harus jadi cerminan nasional dan harus mendunia. Karena dia impelementasi definisi dan paradigma yang terukur," katanya.

Rentetan penghargaan bergengsi itu, kata Gubernur Sulsel dua periode ini, bukan hal yang mudah. Raihan ini melengkapi 186 penghargaan yang telah diraih sebelumnya. Menurut dia, ada banyak pihak yang ikut berpartisipasi dibalik penghargaan itu.

Sulsel telah mendapatkan 186 penghargaan nasional. "Dalam satu bulan ini saja, kami mendapatkan 5 penghargaan nasional. Dari 186 ini, kalau dibagi 7 tahun. Maka setiap dua minggu pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat penghargaan nasional," kata SYL.

Sehingga menurutnya, penghargaan WTP yang diraih enam kali secara berturut-turut menjadi acuan bagi seluruh pihak untuk terus meningkatkan kinerja pemerintahan yang lebih baik lagi.

loading...

"Carikan saya, daerah mana yang dapat WTP enam kali berturut-turut. Good and clean governance adalah kunci utama dan tujuan sebenarnya. Kalau pemerintahan benar, ujungnya adalah kesejahteraan bagi rakyat. WTP itu mengefektifkan, mempermudah kalau ada masalah untuk dievaluasi dan dikoreksi," ungkap SYL.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dua periode ini mencontohkan, sejumlah indikator keberhasilan daerah yang dipimpinnya.

"Tidak mungkin banyak tokoh-tokoh kalau tidak banyak uang yang beredar di situ. Dan ini sampai di kecamatan dan desa," jelasnya.

"Kita banyak melakukan perbaikan-perbaikan, mulai dari perencanaan APBD, penetapan APBD, konsultasi APBD. Itukan semua harus menggunakan standar operasional prosedur tersendiri. Itu salah satu keunggulannya kita," pungkas SYL.

Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis memberikan langsung penghargaan itu untuk Pemprov Sulsel. Penghargaan itu mengacu atas kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian internal.

"Kami mengapresiasi atas pencapaian target dalam proses pembangunan daerah 2015 di Sulsel. Pencapaian opini WTP ini adalah keenam kalinya bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," kata Harry dalam rapat paripurna istimewa DPRD Sulsel.

Loading...
Loading...