Jumat, 10 Juni 2016 21:50 WITA

Hati-hati, Masakan Bisa Beracun karena Wajan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hati-hati, Masakan Bisa Beracun karena Wajan
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ada baiknya perlu memperhatikan peralatan di dapur sebelum memasak. Utamanya wajan yang kerap digunakan untuk menggoreng dan menumis.

Ada studi ilmiah dari perusahaan asal Inggris, GreenPan yang menunjukkan jika masakan bisa beracun dari wajan tanpa gagangan.

Dikutip dari Express.com, Jumat (10/6/2016), wajan akan mengelupas dan dapat memberikan asap beracun yang berpotensi berbahaya jika dihirup.

Dr Lisa Ackerley, ahli keamanan makanan dan kebersihan independen mengatakan, wajan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis risiko dari bahan kimia.

"Bahwa 37 persen dari orang dalam survei, tidak menyadari adanya risiko dari wajan yang rusak, seperti tergores," kata dia.

"Ketika menggoreng daging atau ikan, konsumen harus berhati-hati. Selama suhu tidak naik di atas 260 derajat celcius, ada bahaya racun yang muncul."

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature oleh para peneliti dari University of Toronto telah menunjukkan, beberapa wajan memancarkan asam perfluoro atau zat yang disebut PFOAs dan PFA. 

Dan jika terlalu panas, zat dapat terakumulasi dalam jaringan tubuh manusia. Zat itu bisa menyebabkan penyakit hati dan kanker.