Selasa, 06 Februari 2018 14:05 WITA

Mensos: Ada Rastra Dibayar, Laporkan!

Penulis: Azwar Basir - Muh. Fadel
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mensos: Ada Rastra Dibayar, Laporkan!
Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham. (Foto: Muh Fadel).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham menegaskan, mulai 2018 dalam mendapatkan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra), sudah tidak ada lagi dipungut biaya.

Hal tersebut disampaikan Idrus Marham saat memberikan arahan di acara Bimbingan Pemantapan Pendamping Sosial Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) Wilayah III, di Hotel Maxone, Makassar, Selasa (6/2/2018). 

Menurut Idrus Marham, jika ada masyarakat baik itu pejabat yang masih meminta tebus-tebusan kepada rakyat saat pembagian Rastra, maka segera laporkan ke Dinas Sosial setempat atau Kementerian Sosial (Kemensos). 

"Bilamana masyarakat mendapatkan di lapangan masih ada yang tebus tebus Rastra, sampaikan kepada saya, apabila itu terkait dengan pejabat atau siapa saja, kita akan ambil tindakan tegas bagi siapapun yang menghambat pelaksanaan bantuan sosial," tegas Idrus Marham.

Mensos: Ada Rastra Dibayar, Laporkan!

Idrus Marham mengungkapkan, penegasan tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden RI, Joko Widodo. Ia mengatakan, setiap kepala keluarga yang berhak mendapatkan Rastra wajib mendapatkan Rastra setiap bulan 10 Kilogram. 

loading...

"Setelah ada arahan dari Presiden tidak ada bayar-bayaran, semua keluarga yang berhak mendapatkan Rastra diberikan 10 kilogram. Jadi kalau dulu ada uang tebus sekarang sudah tidak ada, karena itu artinya mereka menghambat pemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan," jelasnya 

Mensos: Ada Rastra Dibayar, Laporkan!

Untuk itu, lanjut Idrus Marham, peran pendamping sangat dibutuhkan, sehingga Rastra ini dapat tersalurkan dengan baik dan merata kepada masyarakat. 

"Disini kita butuhkan pendamping untuk memastikan apakah bantuan sosial Rastra sampai atau tidak, sehingga demikian, pendamping-pendamping ini tentu ada mekanisme pelaporan yang kita buat sedemikian rupa setiap saat," tukasnya.

Loading...
Loading...