Senin, 05 Februari 2018 18:57 WITA

Pemkot Parepare Akan Lakukan Pendataan Warga Kurang Mampu

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pemkot Parepare Akan Lakukan Pendataan Warga Kurang Mampu
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Bappeda melakukan kegiatan Sosialisasi Mekanisme Pemutkhiran Mandiri dan Basis Data Terpadu 2015.

Kegiatan ini dilakukan untuk menginformasikan pada masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Parepare, terkait akan dilaksanakannya mekanisme pendaftaran warga kurang mampu di Kota Parepare. hadir dalam kegiatan ini, Tenaga Ahli dari TIM Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Jakarta, Badan Pusat Statistik Kota Parepare, dan Pimpinan PLN area Kota Parepare.

Dalam sambutannya, Local Government Cpacity MPM TNP2K, Luter Tarigan mengatakan, peserta sosialisi yang akan mendapatkan bimbingan teknis merupakan ujung tombak dalam menghasilkan data yang berkualitas.

“Terimakasih kepada jajaran Pemkot Parepare yang mampu menghimpun komponenen pemerintahan maupun komponen masyarakat dalam upaya penggulangan kemiskinan," kata Luter.

“Berbicara mengenai penanggulangan kemiskinan tidak terlepas dari data . karena tanpa data maka program-program upaya penanggulangan kemiskinan tidak akan menemukan sasaran yang tepat dan data yang tepat," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar seluruh stakeholder dan petugas pelaksana MPMserta unsur masyarakat mempunyai pemahaman yang sama tentang pelaksanaan MPM.

“Sosialisasi ini sangat penting karena berkaitan dengan hak dasar. Dengan basis data yang tepat ,sasaran program bagi masyarakat penyandang masalah kemiskinan  dapat tepat sasaran," kata Taufan.

Taufan juga menjelaskan bahwa MPM merupakan langkah yang diambil pemerintah sebagai upaya untuk terus memperbaiki tingkat akurasi dan validitas data sasaran penerima program perlindungan sosial.

“Untuk itu saya mengharapkan perlu untuk melakukan pemutakhiran data tersebut harus dilakukan langkah-langkah yang tepat sehingga nantinya mendapat data yang lebih akurat," tutupnya.