Sabtu, 03 Februari 2018 15:11 WITA

Curanmor Tukar Motor Jarahan dengan Narkoba

Penulis: Zul Lallo
Editor: Mays
Curanmor Tukar Motor Jarahan dengan Narkoba
Barang bukti yang ditemukan Polres Jeneponto

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Kepolisian Resort Jeneponto berhasil mengungkap kasus curanmor yang sangat meresahkan warga akhir-akhir ini.

Pelaku yang diamankan yakni AW (42), warga Bungung Tongko, Desa Tanjonga, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Dalam konferensi pers, Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto mengungkapkan, berdasarkan informasi dari masyarakat akhirnya Unit Khusus Buru Sergap (Buser) melakukan penyelidikan terkait dengan pencurian kendaraan bermotor itu.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, Unit Buser bekerja sama dengan personel Polda Sulsel, berhasil mengidentifikasi otak pencurian berinisial AW.

Selanjutnya Unit Buser melakukan pengintaian kurang lebih sebulan, dan berkat bantuan dari beberapa informan Unit Buser berhasil mengetahui keberadaan AW yang dikenal sadis.

"AW ditangkap pada 29 Januari 2018 sekitar jam 11.00 Wita, oleh Unit Khusus Polres Jeneponto yang diback up Resmob Polda dan Resmob Bantaeng di rumah salah seorang warga di Dusun Bungung Tongko, Desa Tanjonga, Kecamatan Turatea, jeneponto," jelas Kapolres Jeneponto Hery dalam konferensi Pers, Sabtu (3/2/2018). 

Setelah ditangkap, tersangka langsung dibawa unit khusus Resmob untuk menunjukkan barang bukti hasil pencurian sepeda motor. Berhasil ditemukan barang bukti sepeda motor hasil curian sebanyak 13 unit dari 24 TKP. 

Kemudian barang bukti sepeda motor tersebut dibawa ke Polres Jeneponto untuk diidentifikasi, sesuai dengan Laporan Polisi yang telah masuk di Polres Joneponto.

loading...

Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto menyebutkan, jaringan AW merupakan sindikat pencurian lintas daerah, yang biasa beraksi di Wilayah Hukum Polres Jeneponto, Polres Bantaeng dan Makassar.

Sebelumnya, unit Resmob Polres Jeneponto berhasil melakukan penangkapan dua terhadap tersangka lainnya. Sementara ML melarikan diri setelah dilakukan penggerekan.

Menurut Hery Susanto, keduanya merupakan rekan AW yang sering melakukan aksi pencurian. Kemudian pelaku lainnya yakni RM, Warga Bumbung Loe, Kecamatan Tamalatea.

Dalam pengembangan dilakukan, dari hasil curanmor itu ada yang ditukar dengan jenis barang narkoba kepada seorang bandar narkoba di Kampung Cinong, Kecamatan Tamalatea yakni Seorang perempuan paruh baya berinisial ML, dengan barang bukti sebanyak 6 unit motor. 

"Pelaku dan barang bukti 6 unit motor itu, sudah diamankan dan selanjutnya pelaku sudah ditahan. Jadi, dari hasil kejahatan yang di lakukan AW itu kerja sama dengan SM dan menukar motor itu dengan jenis narkoba sama ML warga Ci'nong itu," jelas Mantan Kapolres Bombana itu. 

Hingga saat ini, dari pihak Polres Jeneponto masih melakukan pengembangan terhadap kasus curanmor lintas daerah itu.

Loading...
Loading...