Sabtu, 03 Februari 2018 14:31 WITA

Takut Salah Pergaulan, Vero Dilarang Ibu Kuliah di Bandung

Editor: Mays
Takut Salah Pergaulan, Vero Dilarang Ibu Kuliah di Bandung

RAKYATKU.COM - Veronica Tan, ternyata lahir dari ibu yang protektif. Meski berbeda dengan keluarga Tionghoa lainnya, sang ibu tetap memandang pendidikan sebagai hal yang penting bagi karier Vero.

Vero lahir di Medan, Sumatera Utara, 6 September 1977. Ia putri sulung dari tiga bersaudara. Kedua orang tuanya keturunan Tionghoa. Ayahnya sosok penyabar, sementara ibunya biasa memberi hukuman kepada anak-anaknya saat nilai pelajaran sekolah kurang memuaskan. 

"Mama ingin anak-anaknya sekolah tinggi. Anak perempuan minimal harus punya karier," tutur Vero dilansir dari malangtoday.

Sementara dikutip dari DewiMagazine, setelah menamatkan SD dan SMP di Medan, Veronica Tan pergi ke Jakarta untuk melanjutkan belajar di SMA. Ia tinggal di rumah tantenya. Sikap ibunya yang mementingkan pendidikan, ternyata berbeda dengan pendirian tantenya yang menganggap perempuan tidak perlu bersekolah tinggi. 

Sikap itu memengaruhi dirinya. Tanpa minat khusus, ia mengikuti ujian masuk di sejumlah perguruan tinggi. Ia diterima di jurusan arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung, tapi ibunya tidak setuju ia kuliah di situ. 

Ibunya khawatir Vero terpengaruh pergaulan di Bandung. Vero lantas kuliah di jurusan arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta.

loading...

Baru semester awal di UPH, Vero sudah dilamar seorang lelaki yang dikenalnya di gereja. Pria yang kelak sempat memimpin DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Tanpa proses pacaran, ia menikah dengan pria yang akrab disapa Ahok itu pada 6 September 1997, di usianya yang masih 19 tahun. 

Pada saat itu beda umur antara Ahok dan Veronica terpaut 9 tahun. Keadaan itu membuatnya menamatkan kuliah saat anak kedua mereka sudah lahir.

Entah dari mana tiba-tiba muncul lelaki lain dalam kehidupan Vero. Julianto Tio alias Ahwa namanya. Ada isu bahwa Ahwa adalah cinta pertama Vero. Namun adik Ahok, Fifi Lety Indra, tidak begitu yakin. Menurut Fifi, yang ia tahu Ahwa ini adalah teman adik Vero yang ada di Amerika Serikat.

Ahwa dan Vero disebut sudah 7 tahun berhubungan. Namun Fifi baru tahu setelah November 2017, dia bersama putri Ahok, memergoki Vero dan Ahwa di sebuah hotel di Singapura.

Pada 5 Januari, Ahok menggugat cerai Vero di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Rabu, 31 Januari lalu rencana sidang perdana, namun pihak Vero tidak muncul. Akhirnya sidang ditunda ke Rabu, 7 Februari.

Loading...
Loading...