Rabu, 31 Januari 2018 09:55 WITA

Imami Salat Jumat, Wanita India Ini Diancam Bunuh

Editor: Mays
Imami Salat Jumat, Wanita India Ini Diancam Bunuh
Jamida saat memimpin salat jumat.

RAKYATKU.COM, NEW DELHI - Sebuah foto beredar. Seorang wanita berkerudung oranye, sedang dalam posisi tahiyat dalam gerakan salat. Di belakangnya, tampak berderet jemaah pria. Wanita dalam foto itu adalah Jamida (34), wanita India yang sedang memimpin salat Jumat.

Jamida menjadi imam perempuan pertama di India. Ia memimpin salat Jumat di  Kantor Komite Utama Organisasi Quran Sunnath Society di Desa Cherukode, negara bagian Kerala, India.

Wanita yang dikenal dengan nama lain "Jamida Teacher" ini, sadar akan konsekuensi pelanggaran hukum syariah. Menurut laman thehindu.com, Jamida tahu dan siap menerima konsekuensinya.

"Saya melakukannya dengan mengetahui akibatnya," kata Jamida kepada The Hindu. 

Kaum fundamentalis pun mengancam akan membunuh Jamida. Menurut mereka, Jamida telah "menodai agama". Di media sosial Jamida juga menjadi perbincangan hangat. Mayoritas warganet mengkritik tindakannya. Namun, Jamida bergeming.

loading...

"Kami mengikuti Alquran. Kitab ini membahas manusia sebagai laki-laki dan perempuan, dan tidak membedakan keduanya. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki peran yang sama dalam agama," ungkap Jamida. 

Ia menyatakan akan terus menentang dominasi laki-laki dalam agama, dan akan terus memimpin salat bersama para perempuan lainnya.

Jamida memang wanita pertama di India yang mengimami salat. Namun di dunia, dia bukan yang pertama. Ghazala Anwar dan Amina Wadud, juga pernah memimpin salat Jumat di New York pada awal 1999.

Loading...
Loading...