Senin, 29 Januari 2018 20:35 WITA

Progres Capai 79,58 Persen, Bendung Baliase Siap Difungsikan

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Aswad Syam
Progres Capai 79,58 Persen, Bendung Baliase Siap Difungsikan
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, saat memantau progres Bendung Baliase, Selasa (19/7/2016) lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembangunan Bendung Baliase di Kabupaten Luwu Utara telah mencapai 79,58 persen per Januari 2018.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, pembangunan Bendung Baliase cukup cepat, dibandingkan dengan DAM besar lainnya.

"Karena dasar sungai. Tingkat kecepatan pembangunannya berbeda. Kita berharap Baliase selesai lebih cepat dari semua DAM yang terbangun, utamanya untuk bendungan," ujar Andi Darmawan.

Ia menambahkan, melihat progres pembangunannya, pihaknya optimis bundungan ini akan selesai dan dapat dimanfaatkan petani tahun ini.

Loading...

"Kita berharap ini salah satu penyedia air cukup besar, karena dia akan mengaliri lebih dari 20.000 hektare sawah. Semoga semua lancar sehingga petani dapat menikmati," harapnya.

Bendung Baliase dibangun dengan anggaran Rp195 miliar melalui APBN. Bendungan ini mulai dikerja pada akhir 2015 lalu, dengan kontraktor pelaksana Waskita-Cempaka Caturbina Guan Persada dan PT Widya Graha Asama (KSO), dengan pelaksanaan waktu kerja tiga tahun.

Bendung Baliase ini akan memiliki dua jaringan irigasi, masing-masing bagian kiri akan mengairi 7.880 hektare, sedangkan bagian kanan akan mengairi 10.388 hektare, serta area pengembangan seluas 3.560 hektare. Total area yang akan diairi jaringan irigasi ini nantinya seluas 21.920 hektare area persawahan.

Loading...
Loading...