Jumat, 26 Januari 2018 20:21 WITA

2018, Tak Ada Kenaikan Pajak Kendaraan Angkutan

Editor: Mays
2018, Tak Ada Kenaikan Pajak Kendaraan Angkutan
Suasana di Kantor Samsat Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menangani pajak kendaraan bermotor (PKB) menegaskan, tahun 2018 tidak ada kenaikan pajak kendaraan bermotor angkutan umum. 

"Tidak ada kenaikan pajak kendaraan, termasuk pajak untuk angkutan umum orang. Yang ada adalah insentif pajak untuk kendaraan angkutan umum orang dikurangi oleh pemerintah pusat," ujar Kepala Bapenda Tautoto. 

Tautoto menjelaskan, jika 2016, insentif yang diberikan kepada pengusaha angkutan umum orang sebesar 70 persen, sehingga mereka hanya membayar PKB sebesar 30 persen.

Sementara pada 2017, insentif PKB yang diberikan kepada pengusaha sebesar 40 persen dan harus membayar pajak sebesar 60 persen.

Hal ini katanya, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2017, tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2017. 

Selain Permendagri, hal itu juga di kuatkan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulsel nomor 123 tahun 2017 tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor dalam wilayah Provinsi Sulsel tahun 2017.

loading...

"Pergub ini merupakan turunan dari Permendagri nomor 28 tahun 2017, bukan kami yang buat. Jadi dapat dipastikan tidak ada kenaikan pajak kendaraan, sampai saat ini pun kami masih memberikan subsidi kepada pemilik angkutan umum orang," jelasnya.

Mantan Plt Bupati Soppeng ini menambahkan, nilai pajak kendaraan harus dilihat secara menyeluruh yakni tahun kendaraan, jenis, dan kapasitas mesin kendaraan (cc). 

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) I Bapenda Sulsel Andi Awaluddin menambahkan, Pergub Sulsel nomor 123 tahun 2017 tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor, juga bea balik nama kendaraan bermotor dalam wilayah Provinsi Sulsel ini, telah disosialisasikan dan dihadiri pihak Organda.

"Kita sudah beberapa kali menggelar sosialisasi Pergub Sulsel nomor 123 tahun 2017 tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dihadiri Organda Sulsel, Dinas Perhubungan se-Sulsel, dan pihak terkait," tutupnya.

Loading...
Loading...