Minggu, 21 Januari 2018 17:47 WITA

Ini Usul Zulkarnain Pangki untuk Gunung Karampuang

Editor: Aswad Syam
Ini Usul Zulkarnain Pangki untuk Gunung Karampuang
Pemandangan dari atas Gunung Karampuang.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Wakil Ketua DPRD Bulukumba Andi Zulkarnain Pangki berharap, Dana Desa bisa digunakan  untuk memoles Gunung Karampuang. Itu dilakukan saat mengikuti musrembang di berbagai desa di daerah pemilihannya, Bulukumpa-Rilau Ale.

Di sektor wisata, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Bulukumba ini juga menginginkan, dana desa digunakan membangun spot wisata yang dapat menumbuhkan perekonomian warga.

"Saat saya mengikuti musrembang di desa-desa, saya memang menekankan agar penggunaan dana desa itu bisa memberi keuntungan baik pada masyarakatanya, karena memang itu tujuannya," ungkapnya saat ditemui awak media di Warkop Panynyingkulu, Minggu (21/1/2018).

Khusus untuk Gunung Karampuang, pria yang akrab disapa Andi Nain ini berpendapat, seharusnya pemerintah desa memfasilitasi ruang yang baik bagi pengunjung, dengan memanfaatkan dana desa.

"Di Desa Barugae misalnya, situs Gunung Karampuang memiliki tonggak sejarah perkembangan Islam Bulukumba. Ini yang harus dilestarikan dengan memperkenalkan kepada pengunjung apa itu Karampuang dan sejarahnya. Apa salahnya dibuatkan lokasi spot foto yang aman dan tetap menjaga situs budaya," ujarnya.

Apalagi menurut Zulkarnain, objek wisata renang sudah sangat popular di kalangan masyarakat Bulukumba. Tinggal objek wisata budaya di Karampuang yang dimiliki Desa Barugae yang bisa diperkenalkan. Ditambah lagi keindahan Pulau Sembilan bisa dinikmati dari atas Gunung Karampuang.

Berdasarkan pantauan rakyatku.com, Gunung Karampuang saat ini menjadi primadona muda-mudi Bulukumpa berswafoto, bahkan pecinta alam banyak yang berkemah di lokasi itu.

Hanya saja, fasilitas tempat sampah dan banyaknya warga yang menjadikan Gunung Karampuang tempat pembuangan kucing, mengganggu keindahannya.