Sabtu, 20 Januari 2018 15:40 WITA

Akademisi: Danny Berhasil Tingkatkan Lapangan Kerja Lewat Pemerintahannya

Editor: Aswad Syam
Akademisi: Danny Berhasil Tingkatkan Lapangan Kerja Lewat Pemerintahannya
Satgas Drainase, sedang membersihkan drainase di Kota Makassar dari sampah dan lumpur.

RAKYATKU. COM, MAKASSAR - Menjadi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berhasil membuat program-program yang realistis. Bahkan di antara programnya, pria yang akrab disapa Danny ini, menciptakan lapangan kerja seperti, pembentukan Satgas Drainase dan Satgas Kebersihan melalui Dinas PU dan Dinas Kebersihan serta kecamatan. 

Jika hal ini dikaitkan dengan pertarungan Pilwalkot Makassar, tentu apa yang diprogramkan Danny Pomanto (DP) tersebut, akan menjadi nilai plus untuk menjaga elektabilitas dan popularitasnya saat ini. 

"Pak Danny berhasil membuka lapangan kerja untuk warga di lorong dalam perbaikan jalan lorong, termasuk drainase. Prestasi itu pastinya berpengaruh terhadap elektabilitas DP, tergantung DP menjual kinerja tersebut," kata Akademisi Kampus UIN Alauddin, Firdaus Muhammad, Sabtu, (201/1/2018).

Olehnya, lanjut Dosen Komunikasi Politik ini, ke depan pasangan Danny-Indira ( DIAmi)  dapat meyakinkan masyarakat, akan lebih baik dari sekarang melalui program lebih realistis. Apalagi, jika program itu bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup warga Makassar lebih baik lagi. 

"Kekuatan politik DP didasarkan pada kinerjanya sesuai program yang telah terealisasi saat ini," lanjut Firdaus. 

Diketahui, gagasan Danny Pomanto sapaan akrab wali kota ini, disebut dengan Satuan Tugas (Satgas) Drainase dan Kebersihan. Satgas Kebersihan pun terbagi atas dua komponen, yakni penyapu jalan dan petugas pengangkut sampah. Tercatat, jumlah tenaga kerja yang terserap hingga akhir 2017, sudah ribuan orang.

"Satgas yang dibentuk SKPD terkait dan pelimpahan kewenangan ke kecamatan, tentu memiliki perhitungan, baik menyangkut efisiensi anggaran maupun efektivitas kerja-kerja di lapangan," kata Danny Pomanto.

Bahkan di tahun anggaran 2018 ini, ada penambahan jumlah Satgas Drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, sebanyak 100 orang. Di tahun sebelumnya, jumlah Satgas Drainase tercatat 450 orang.