Jumat, 19 Januari 2018 11:09 WITA

BPJS TK Dorong Peserta JKK Kembali Bekerja

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BPJS TK Dorong Peserta JKK Kembali Bekerja

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Deputi Direktur Wilayah Sulawesi-Maluku, Sudirman Simamora menjelaskan, saat ini BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program return to work (RTW), yang merupakan manfaat tambahan dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). 

“Program RTW ini ditujukan untuk membantu tenaga kerja yang mengalami resiko cacat karena kecelakaan kerja, untuk dapat kembali bekerja di perusahaan asal atau di perusahaan lain yang telah mendukung program RTW,” ungkap Sudirman, Jumat (19/01/2018).

Dia menjelaskan, sebelumnya banyak perusahaan yang memberhentikan atau mem-PHK peserta yang ditetapkan cacat karena kecelakaan kerja. Dengan adanya program ini, pasien RTW akan diberikan pelatihan terlebih dulu, di Pusat Layanan Kembali Bekerja (PLKB) milik pemerintah daerah. 

Pelatihan ini dilakukan jika pengobatan kecelakaan kerja telah selesai, lalu akan ditempatkan kembali di perusahaan. 

Saat ini di wilayah Sulawesi-Maluku tercatat sudah ada 44 kasus JKK yang telah masuk program RTW. Dari jumlah kasus tersebut, 28 pasien RTW telah kembali bekerja dan 16 pasien lain masih dalam proses untuk kembali bekerja. 

“Di wilayah Sulawesi-Maluku, dari total 54.250 perusahaan peserta aktif, sebanyak 1.886 perusahaan telah komitmen menjadi perusahaan pendukung program RTW, dan kami berharap lebih banyak lagi perusahaan yang ikut mendukung program RTW ini,” harap Sudirman.