Jumat, 19 Januari 2018 05:01 WITA

Kisah Wanita Tetap Setia Menunggu Hingga Dipersatukan di Usia 60 Tahun

Editor: Adil Patawai Anar
Kisah Wanita Tetap Setia Menunggu Hingga Dipersatukan di Usia 60 Tahun
Lalu dan Aisiyah.

RAKYATKU.COM - Pasangan pengantin di Desa Suradadi, Kecamatan Terara, Pedaleman Keramat, Lombok Timur, NTB, memiliki kisah cinta yang menyentuh. Keduanya menikah karena Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK) di usia yang tak lagi muda. Pengantin pria, Lalu Diwaje berusia 76 tahun sedangkan pengantin perempuan, Baiq Aisiyah berusia 60.

Kisah cinta mereka sebenarya sudah dimulai saat masih remaja. Mereka menjalin kasih cukup lama, hingga pada suatu hari, Diwaje mengajak Aisiyah menikah. Namun kala itu Aisiyah menolak karena merasa belum siap. Ajakan menikah kembali diucapkan Diwaje, dan kembali ditolak.

Karena tidak mendapat kepastian, akhirnya Diwaje memilih menikah dengan perempuan lain. Dia hidup bahagia dengan perempuan itu, punya anak dan cucu. 

Sementara Aisiyah memilih untuk tidak menikah. Dia hidup sendiri dan tidak minat menjalin hubungan dengan lelaki lain.

Waktu terus berlalu, istri Diwaje sakit dan meninggal dunia. Diwaje menduda.

Beberapa bulan setelah itu, Diwaje datang mengunjungi Aisiyah di rumahnya. Mereka bertemu dan mengobrol bersama. 

"Datang sekali, dua kali, sampai 4 kali, malamnya langsung diajak nikah," kata keponakan Aisiyah, Rizal seperti dilansir kumparan.com, Kamis (18/1).

Rizal yang tinggal satu rumah dengan Aisiyah ini mengatakan saat lamaran itu bibinya langsung mengiyakan. Keluarga membahas segala persiapan yang dibutuhkan. Pernikahan dilangsungkan pada 10 Januari 2018. Mereka sempat tinggal satu minggu di rumah Aisiyah, setelah itu Diwaje membawa istrinya ke rumahnya di Dompu, NTB.

"Bibi saya langsung terima, beliau bilang 'Iya mau'. Terus langsung diatur pernikahannya," ucap Rizal.

Saat Aisiyah menerima lamaran, Rizal sempat bertanya kenapa mau menikah di usia 60 tahun. "Bibi saya jawab gini, 'Nggak tahu lah, ada keinginan saja. Pas diajak kemarin langsung bahagia rasanya. Kembali kayak remaja'," ucap Rizal menirukan Aisiyah.

Menurut Rizal, pasangan menikah di usia senja bukan hal yang aneh. Hanya saja di kisah ini, pengantin perempuan begitu setia menanti hingga akhirnya takdir mempertemukan mereka berdua dalam ikatan pernikahan.

"Di sini yang jadi luar biasa adalah kesetian wanita yang menunggu sampai puluhan tahun," tutup Rizal.