Kamis, 18 Januari 2018 17:57 WITA

Sudah Dua Kali, Penggeledahan Kantor BPKA Makassar Dipertanyakan

Penulis: Syukur
Editor: Mulyadi Abdillah
Sudah Dua Kali, Penggeledahan Kantor BPKA Makassar Dipertanyakan
Penyidik Tipikor Polda Sulsel saat mengamankan PC dari Kantor BPKA Makassar, Rabu (18/1/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Aksi penggeledahan di Gedung Balaikota Makassar oleh Polda Sulsel mulai dipertanyakan sejumlah pihak. 

Tercatat ada dua kantor di Gedung Balaikota yang sudah digeledah. Yakni Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA), Dinas Koperasi dan UKM. Satu kantor lainnya yang turut digeledah adalah Dinas Lingkungan Hidup Makassar.

Penggeledahan ini terkait dua kasus dugaan korupsi. Yakni pengadaan pohon ketapang dan pengadaan balai UMKM. Sudah 5 orang tersangka dari dua kasus tersebut. 

Ruangan di Kantor BPKA Makassar sudah dua kali digeledah. Pertama kali pada 4 Januari 2018. Hasilnya, diamankan uang sekira Rp 1 miliar. 

Pada hari yang sama, ruangan di Kantor Dinas Koperasi dan UKM turut digeledah. Sejumlah berkas diamankan.

Penggeledahan kedua Kantor BPKA Makassar berlangsung pada 17 Januari 2018. Pada hari yang sama turut menggeledah Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Loading...

Sudah Dua Kali, Penggeledahan Kantor BPKA Makassar Dipertanyakan

"Sangat disesalkan kenapa polda kembali menggeledah kantor balaikota, sementara tidak jelas kasus apa yang sementara dalam proses penyelidikan/penyidikan sebelumnya," ungkap Pengamat Hukum Makassar, Zulkifli Hasanuddin, Kamis (18/1/2018).

Zulkifli menyebut, setiap penggeledahan tentunya lebih awal ada kasus yang sementara dalam proses lidik. Sementara kasus UMKM dan Ketapang, kata dia, hingga kini belum ada audit kerugian negara. 

"Di sisi lain banyak tunggakan kasus korupsi yang belum berjalan maksimal atau jalan di tempat, dan seharusnya itu yang menjadi fokus untuk full data dan fulbaket sehingga kasus-kasus tersebut bisa P21 dan disidangkan," katanya.

Sebelumnya, Kombes Pol Dicky Sondani, Kabid Humas Polda Sulsel mengatakan, penggeledahan susulan yang dilakukan pada 17 Januari 2018  di BPKA kota Makassar merupakan penggeledahan terkait penemuan uang Rp 1 miliar.

Loading...
Loading...